Mengenal Desa Nglanggeran di Gunungkidul DIY yang Raih Best Tourism Village dari UNWTO

- 4 Desember 2021, 10:15 WIB
Desa Nglanggeran saat ini menadi kebanggaain Indonesia karean dipercaya untuk berkompetisi di ajang desa wisata terbaik PBB.
Desa Nglanggeran saat ini menadi kebanggaain Indonesia karean dipercaya untuk berkompetisi di ajang desa wisata terbaik PBB. /Instagram.com/@kemenparekraf

BERITA DIY - Desa Nglanggeran yang terletak di Kapanewon Patuk, Gunungkidul, DIY berhasil meraih predikat sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia 2021.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Organisasi Pariwisata Dunia atau United Nation World Tourism Organization (UNWTO) saat pertemuan di Madrid, Spanyol.

Hal ini tentu menjadi istimewa lantaran Desa Nglanggeran menjadi satu-satunya perwakilan milik Indonesia yang mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut.

Baca Juga: Urutan 5 Provinsi UMP 2022 dari Tertinggi hingga Terendah, Yogyakarta di Posisi Berapa?

Sebelum terpilihnya Desa Nglanggeran sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia, setidaknya terdapat dua tempat lain yang diajukan sebagai kandidat.

Kandidat yang diajukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI sebagai peserta Best Tourism Village 2021 adalah Desa Wisata Tetebatu dari NTB, Desa Wisata Wae Rebo dari NTT, dan Desa Wisata Nglanggeran dari Gunungkidul, DIY.

Sugeng Handoko sebagai Penggagas dan Pendiri Ekowisata Desa Nglanggeran mengatakan dirinya dan masyarakat Desa Nglanggeran sangat terharu dan bersyukur menjadi Desa Wisata Terbaik Dunia 2021.

“Sebuah desa kecil di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, yang dulu asing terdengar susah dieja diucapkan, Alhamdulillah kini menjadi sebuaah desa yang mendapatkan apresiasi oleh badan pariwisata dunia UNWTO,” ujarnya, mengutip dari ANTARA, Jumat, 3 Desember 2021.

Baca Juga: Rincian Upah Minimum UMP DIY 2022: UMK Kota Jogja Tertinggi, Kabupaten Gunungkidul Paling Rendah

Kriteria utama pemilihan Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 dari UNWTO berdasar pada keberadaan sumber daya alam dan budayanya, serta tindakan dan komitmen inovatif dan transformatifnya terhadap pengembangan pariwisata sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x