Dampak Radiasi Pancaran Cahaya Cosmic Malam Ini: Contoh Ledakan Kosmik Sebagai Fenomena Visual Langka

- 29 Februari 2024, 12:30 WIB
Apa yang dimaksud radiasi pancaran cahaya cosmic malam ini, apa saja contoh ledakan kosmik sebagai fenomena visual langka di alam semesta.
Apa yang dimaksud radiasi pancaran cahaya cosmic malam ini, apa saja contoh ledakan kosmik sebagai fenomena visual langka di alam semesta. /Tangkap layar iaea.org

BERITA DIY - Banyak yang mencari apa yang dimaksud radiasi pancaran cahaya cosmic malam ini, apa saja contoh ledakan kosmik sebagai fenomena visual langka di alam semesta.

Sebagai fenomena alam semesta, pancaran cahaya cosmic menarik sekaligus misterius untuk diulas.

Dalam tulisan ini, kita akan membahas tentang radiasi pancaran cahaya cosmic, proses terbentuknya, contoh ledakan kosmik yang menghasilkan fenomena visual langka, dan apakah radiasi kosmik berbahaya bagi kesehatan manusia?

Penulisan artikel ini menimbang banyaknya pesan berantai mengenai bahaya radiasi kosmik dengan imbauan mematikan handphone dan alat elektronik berbasis jaringan yang belum diuji kebenarannya.

Baca Juga: Apa Itu NASA Internet Apocalypse yang Viral, Dampak Badai Matahari yang Sebabkan Kiamat Internet

Apa itu radiasi pancaran cahaya cosmic?

Dilansir dari International Atomic Energy Agency (IAEA), apa yang dimaksud radiasi pancaran cahaya cosmic (CMBR) adalah radiasi latar belakang yang berasal dari awal alam semesta, tepatnya dari peristiwa Big Bang.

Pembuatan radiasi kosmik juga berasal dari sisa-sisa Supernova, yaitu edakan dahsyat pada tahap terakhir bintang masif yang runtuh menjadi lubang hitam atau lenyap.

Pada saat itu, alam semesta sangat padat dan panas. Ketika terjadi ledakan besar, energi yang dilepaskan mengisi ruang dengan radiasi termal berenergi tinggi.

Radiasi ini kemudian merambat melalui alam semesta dan menjadi bagian dari latar belakang kosmik yang kita amati hari ini.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x