Apa Bahaya Pancaran Cahaya Cosmic Malam Ini: 6 Bencana Sinar Radiasi Kosmik yang Musnahkan Kehidupan Bumi

- 1 Maret 2024, 07:30 WIB
Ilustrasi. Contoh bahaya pancaran cahaya cosmic malam ini dan 6 bencana sinar radiasi kosmik yang musnahkan kehidupan bumi.
Ilustrasi. Contoh bahaya pancaran cahaya cosmic malam ini dan 6 bencana sinar radiasi kosmik yang musnahkan kehidupan bumi. /Pexels/ZCH

BERITA DIY - Contoh bahaya pancaran cahaya cosmic malam ini dan bencana sinar radiasi kosmik yang musnahkan kehidupan bumi.

Artikel ini mencoba menjawab misinformasi pesan berantai pancaran cahaya cosmic malam ini yang disebut berbahaya bagi manusia, hingga ada imbaun mematikan handphone dan alat elektronik lainnya.

Definisi pancaran cahaya cosmic: Apakah berbahaya bagi kesehatan manusia?

Istilah pancaran cahaya cosmic adalah radiasi elektromagnetik yang berasal dari luar angkasa, termasuk sinar gamma, sinar-X, ultraviolet, cahaya tampak, inframerah, dan gelombang radio.

Sumber radiasi kosmik mikro (CMBR) ini berasal dari berbagai objek di alam semesta, seperti bintang, galaksi, nebula, lubang hitam, dan fenomena alam semesta lainnya.

Sinar radiasi kosmik tidak berbahaya bagi kehidupan manusia di atas permukaan Bumi, namun bisa sangat berbahaya bagi astronot di luar atmosfer Bumi.

Oleh karena itu, para astronot yang keluar dari atmosfer Bumi wajib memakai rompi khusus yang meminimalisasi dari risiko kanker hingga kerusakan sel.

Baca Juga: Dampak Radiasi Pancaran Cahaya Cosmic Malam Ini: Contoh Ledakan Kosmik Sebagai Fenomena Visual Langka

Bencana kosmik dan sinar radiasi yang dapat menghancurkan kehidupan di Bumi

Bersumber dari artikel The Conversation berjudul "Six cosmic catastrophes that could wipe out life on Earth" dikutip pada 1 Maret 2024, ada sejumlah bencana kosmik dan sinar radiasi kosmik yang membahayakan manusia.

Berikut adalah beberapa bencana radiasi kosmik yang dapat mengancam keberlangsungan hidup manusia atau bahkan menghapusnya sama sekali:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x