Contoh Teks Khutbah Jumat Tentang Isra’ Mi’raj Mempunyai Makna dan Pesan yang Mendalam

- 18 Januari 2024, 14:50 WIB
Ilustrasi. Contoh teks khutbah Jumat tentang Isra' Mi'raj yang bisa dijadikan referensi. Simak di sini untuk teks lengkapnya.
Ilustrasi. Contoh teks khutbah Jumat tentang Isra' Mi'raj yang bisa dijadikan referensi. Simak di sini untuk teks lengkapnya. /Pixabay/Mark

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang contoh teks Khutbah Jumat, yang bertemakan Isra’ Mi’raj yang bisa dijadikan referensi. Simak di sini untuk teks lengkapnya. 

Salah satu peringatan hari besar di agama Islam adalah Isra’ Mi’raj. Peringatan Isra’ Mi’raj ini diperingati setiap tanggal 27 bulan Rajab dalam kalender Islam. Isra’ Mi’raj 1445 H tahun 2024 ini akan jatuh pada Kamis, 8 Februari 2024. 

Bahkan peringatan hari besar Islam ini juga ditetapkan sebagai hari libur nasional pada Kamis, 8 Februari 2024 mendatang. Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 Tahun 2022. 

Sebagai tambahan informasi, Isra’ Mi’raj ini merupakan peristiwa tentang dua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Peristiwa ini juga termasuk peristiwa yang penting di agama Islam. 

Hal istimewa dan penting dari peristiwa isra’ mi’raj ini adalah dimana Nabi Muhammad SAW juga mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu dalam sehari semalam. 

Seperti yang kita tahu, bahwa tanggal 19 Januari 2024 adalah hari Jumat, maka dari itu bagi yang mencari teks khutbah shalat Jumat bisa simak di sini untuk referensi. 

Baca Juga: Naskah Khutbah Jumat 12 Januari 2024 Singkat Terbaru Tentang Bulan Rajab dan Keistimewaannya

Contoh Teks Khutbah Jumat tentang Isra’ Mi’raj 

Khutbah I

الْحَمْدُ لله الَّذِي هَدَانَا لِلْإِسْلَامِ وَمَا كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا الله . الحَمْدُ لله الذى وقع الرجب شهرا للمعراج، وأوجب فيه الصلاة للمسلمين كالسراج, أَشْهَدُ أَنْ لَا إِله إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وصَلَّى الله عَلَيْهِ وَعَلَى أَله وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيرًا يَا أَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا الله حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا أَمَّا بَعْدُ: فَإِنَّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ الله وَخَيْرَ الهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ صلى الله عليه و سلم وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ ، وَكُلَّ ضَلَالَةٍ فِي النَّارِ. أَيُّهَا الْمُسْلِمُونَ أَوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بتقو الله وقد فاز المتقون

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x