Tanggal 16 Desember 2023 Memperingati Hari Apa, Apakah Hari Libur Tanggal Merah? Cek di SINI

- 15 Desember 2023, 12:10 WIB
Ilustrasi Perayaan Upcara di Bali. Tanggal 16 Desember 2023 memperingati apa? Simak penjelasannya di sini
Ilustrasi Perayaan Upcara di Bali. Tanggal 16 Desember 2023 memperingati apa? Simak penjelasannya di sini /Pixabay/@feelgoodpics

BERITA DIY - Tanggal 16 Desember 2023 yang tepat pada hari Sabtu besok akan diperingati sebagai hari apa dan apakah hari libur? Simak penjelasannya di sini!. 

Tanggal 16 Desember 2023 ini diperingati sebagai Hari Raya Saraswati. Selain hari raya tersebut, terdapat juga perayaan lain yang juga diperingati pada tanggal tersebut.

Berikut ini adalah informasi beberapa peringatan hari penting nasional dan internasional yang jatuh pada Sabtu, 16 Desember 2023. 

Hari Raya Saraswati 

Bagi para umat agama Hindu di Bali, pada tanggal 16 Desember 2023 akan diperingati Hari Raya Saraswati. Hari Raya Saraswati ini adalah suatu hari raya dalam agama Hindu di Bali yang memang diperingati setiap enam bulan sekali. 

Menurut masyarakat Bali, hari dimana tanggal 16 Desember itu dipercaya sebagai hari dimana ilmu pengetahun turun kepada manusia. Untuk itu masyarakat Bali memberikan ungkapan terima kasihnya dengan menggelar upacara untuk memperingati hari turunnya ilmu pengetahuan tersebut. 

Baca Juga: Mantra Pemujaan Dewi Saraswati, Dibaca saat Hari Raya Saraswati Sebagai Turunya Ilmu Pengetahuan

Umat Hindu di Bali akan melakukan persembahan kepada Sang Hyang Aji Saraswati (Dewi Saraswati). Persembahan ini dilakukan sebagai ucapan dan rasa syukur atas anugerah ilmu yang telah diberikan. 

Perlu digaris bawahi bahwa perayaan ini memang tidak dilakukan secara umum bagi setiap umat Hindu di Bali. Melainkan Hari Raya Saraswati ini dirayakan kebanyakan oleh siswa sekolah yang ada di Bali. 

Bukan hanya di sekolah saja sebenarnya, melainkan para penekun dalam bidang kerohanian dan mereka yang menjalankan ilmu pengobatan seperti dukun (balian) maupun pengabdi ilmu pengetahuan lainnya, biasanya melakukan ritual khusus saat Hari Raya Saraswati tersebut. 

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x