Manfaat Buah Naga yang Kaya Nutrisi untuk Mengatasi Penyakit Pencernaan hingga Mata

- 3 Mei 2023, 12:40 WIB
Buah naga merah dan putih, manfaat buah naga kaya akan nutrisi, mineral, dan vitamin yang mampu mengatasi penyakit pencernaan hingga mata.
Buah naga merah dan putih, manfaat buah naga kaya akan nutrisi, mineral, dan vitamin yang mampu mengatasi penyakit pencernaan hingga mata. /Pexels.com/@Any Lane
 
BERITA DIY - Berikut informasi mengenai manfaat buah naga yang kaya akan nutrisi untuk mengatasi penyakit pencernaan hingga mata.
 
Buah naga merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan nutrisi dan kandungan antioksidan yang tinggi.
 
Selain itu, buah naga memiliki kulit yang tidak terlalu keras dan duri-duri halus pada permukaannya ini mempunyai dua varian buah yaitu merah dan putih.
 

Kedua varian buah naga ini sama-sama mengandung segudang nutrisi dan manfaat untuk mengatasi berbagai penyakit pencernaan hingga mata.
 
 
Lantas apa saja manfaat dari buah naga berwarna merah dan putih?
 
Adapun berikut manfaat buah naga warna merah dan putih yang kaya akan nutrisi dan kandungan antioksidan tinggi, seperti yang telah dilansir BERITA DIY dari laman resmi RSU Permata Hati pada 3 Mei 2023.
 

Manfaat Buah Naga yang Kaya Nutrisi

1. Mengatasi Sembelit
 
Salah satu manfaat buah naga yaitu dapat mengatasi sembelit. Buah naga mengandung serat yang tinggi rendah lemak, sehingga sangat ampuh untuk mengatasi sembelit.
 
 
2. Menjaga Kesehatan Jantung
 
Buah naga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, karena mengandung antioksidan yang tinggi serta lemak omega 3 dan 6, nutrisi tersebut dapat mengurangi resiko penyakit jantung.
 

3. Mengatasi Batuk dan Asma
 
Kandungan omega 3 dan omega 6 pada biji buah naga juga dapat meringankan masalah respirasi. Buah naga juga sangat bermanfaat serta baik untuk dikonsumsi bagi penderita batuk dan asma.
 
4. Mencegah Resiko Kanker
 
Salah satu manfaat buat naga yang paling mencengangkan yaitu dapat mencegah resiko kanker.
 

Kandungan lycopena pada buah naga dapat membantu mengurangi resiko kanker prostat.
 
Selain itu mineral dan vitamin yang melimpah juga dapat membantu mengeluarkan racun logam pemicu kanker dari dalam tubuh.
 
5. Meningkatkan Kesehatan Usus
 
Salah satu manfaat buah naga yaitu dapat meningkatkan kesehatan usus, dengan membantu pertumbuhan prebiotik laktobasilus dan bifidobacteria.
 
Mengkonsumsi buah naga akan memberikan efek positif bagi kesehatan usus, dan dapat meningkatkan sistem pencernaan.

 
 
6. Mencegah Anemia
 
Manfaat buah naga dapat diperoleh dari kandungan vitamin C yang dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi, sehingga dapat mencegah penyakit anemia.
 
7. Mencegah Katarak
 
Manfaat buah naga selanjutnya yaitu dapat mencegat penyakit katarak, karena kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga dapat membantu menghentikan oksidasi lensa mata penyebab katarak.

 
8. Mencegah Preklamsia
 
Manfaat buat naga yang terakhir yaitu dapat mencegah preklamsia pada ibu hamil, karena kandungan vitamin B2 pada buah naga yang tinggi.
 
Demikianlah informasi mengenai manfaat buah naga yang kaya akan nutrisi untuk mengatasi penyakit pencernaan hingga mata.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x