5 Camilan dan Minuman Sehat yang Baik untuk Kesehatan Jantung: Teh Hijau, Buah Pepaya hingga Salad Salmon

- 29 September 2021, 16:13 WIB
Ilustrasi - Rekomendasi camilan dan minuman yang baik bagi kesehatan jantung
Ilustrasi - Rekomendasi camilan dan minuman yang baik bagi kesehatan jantung /PEXELS/Karolina Grabowsk

BERITA DIY – Ketahui camilan dan minuman sehat yan sangat baik bagi kesehatan Jantung. Berikut lima rekomendasi lengkapnya.

Jantung adalah bagian dari sistem kardiovaskular tubuh yang mencakup pembuluh darah, arteri, dan kapiler. Jantung terus bekerja untuk menyediakan jaringan dan organ oksigen dan darah yang kaya nutrisi, fakta menunjukkan rata-rata jantung orang dewasa berdetak 60 hingga 80 kali per menit saat istirahat

Jantung membuat kita tetap hidup dan sehat. Melindungi dan menjaga kesehatan jantung harus menjadi prioritas utama. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan, camilan dan minuman sehat yang baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: 5 Camilan Manis yang Dapat Dikonsumsi Penderita Diabetes: Ada Cokelat Hitam, Apel, hingga Greek Yogurt

Berikut setidaknya lima rekomendasi makanan camilan sehat dan minuman yang baik bagi kesehatan jantung, dirangkum BERITA DIY dari Healthline.

  1. Teh Hijau atau Matcha

Matcha adalah jenis teh hijau yang mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) tingkat tinggi. EGCG adalah senyawa polifenol dalam teh hijau yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat.

Studi menunjukkan bahwa EGCG membantu mencegah aterosklerosis, penumpukan zat lemak di dinding arteri, dan dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan sel . Hal ini yang menyebabkan mengapa asupan teh hijau berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

  1. Smoothie Kopi

Sejumlah penelitian telah mengaitkan asupan kopi secara teratur dengan penurunan risiko penyakit jantung secara signifikan. Fakta menunjukkan orang yang minum tiga cangkir kopi per hari memiliki 19% penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, dibandingkan dengan non-peminum.

Cobalah mengonsumsi smoothie yang menggabungkan kopi dengan bahan-bahan yang baik untuk jantung lainnya seperti pisang, mentega almond, dan bubuk kakao.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x