Ciri-ciri Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya: Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan serta Gejalanya

- 28 April 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi. Ciri-ciri asam lambung naik dan cara mengatasinya, pertolongan pertama yang harus dilakukan saat gejala GERD mulai kambuh muncul lagi.
Ilustrasi. Ciri-ciri asam lambung naik dan cara mengatasinya, pertolongan pertama yang harus dilakukan saat gejala GERD mulai kambuh muncul lagi. /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak ciri-ciri asam lambung naik dan cara mengatasinya. Lengkap dengan pertolongan pertama yang harus dilakukan saat gejala GERD mulai kambuh muncul lagi.

Orang atau penderita asam lambung berisiko kembali kambuh jika tidak menjaga kesehatan dan pola hidup sehat. Jika mulai dirasakan gejala asam lambung naik, maka Anda perlu segera melakukan tindakan.

Jika terus dibiarkan dan menjadi parah, asam lambung bisa menyebabkan dampak yang berbahaya. Oleh karena itu, ketahui ciri-ciri asam lambung naik dan cara mengatasinya.

Agar tidak menjadi semakin parah, maka Anda perlu melakukan pertolongan pertama sesegera mungkin. Anda juga perlu mengetahui gejala apa yang menandakan asam lambung naik.

Baca Juga: Makanan yang Harus Dihindari Setelah Terkena Serangan Jantung: Pantangan Bagi Penderita Jantung Koroner

Dilansir dari laman resmi Siloam Hospitals, GERD (gastroessophageal reflux disease) atau asam lambung penyakit sistem pencernaan manusia yang sering terjadi.

GERD terjadi karena ada perubahan mukosa yang diakibatkan oleh gangguan sistem pencernaan, di mana asam lambung dan isi perut mengalis kembali ke kerongkongan atau esofagus.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x