Waspada! Ini 11 Gejala Umum Diabetes atau Kencing Manis yang Wajib Dikenali Sejak Dini

- 3 Januari 2023, 14:40 WIB
Ilustrasi. – Berikut ini merupakan 11 gejala umum diabetes atau kencing manis yang perlu Anda waspadai, penting untuk kenali gejala sejak dini.
Ilustrasi. – Berikut ini merupakan 11 gejala umum diabetes atau kencing manis yang perlu Anda waspadai, penting untuk kenali gejala sejak dini. /pixabay.com/fernandozhiminaicela.

BERITA DIY – Simak informasi mengenai 11 gejala umum yang dirasakan oleh penderita diabetes atau kencing manis. Mengingat diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, maka informasi ini penting untuk Anda kenali sejak dini.

Diabetes atau kencing manis termasuk ke dalam daftar penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan kematian cukup besar. Diketahui dari data milik Kementerian Kesehatan yang diperoleh pada Sample Registration Survey 2014 diabetes menjadi penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia dengan persentase 6,7%, setelah stroke (21,1%), dan penyakit jantung koroner (12,9%).

Di Indonesia sendiri penderita diabetes atau kencing manis mengalami peningkatan dari 5,7% pada 2007 menjadi 6,9% atau sekitar 9,1 juta jiwa pada 2013.

Data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017 menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetesi sebanyak 10,3 juta jiwa.

Baca Juga: Manfaat Bio Insuleaf, Obat Herbal untuk Diabetes Alami yang Direkomendasikan

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa dirinya terkena diabetes karena kurangnya pemahaman mengenai gejala penyakit diabetes atau kencing manis. Penyakit ini sering mendapat pengabaian dan tidak terdeteksi sejak awal.

Berikut ini merupakan 11 gejala umum penderita diabetes yang BERITADIY kutip dari laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

1. Frekuensi buang air kecil yang meningkat

Sel-sel dalam tubuh tidak dapat menyerap glukosa sehingga ginjal mencoba mengeluarkannya sebanyak mungkin. Hal ini mengakibatkan penderita akan buang air kecil lebih sering daripada orang normal. Apalagi ketika malam hari, penderita diabetes akan terbangun beberapa kali hanya untuk buang air kecil.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x