Apa itu Diabetes dan Diabetes Melitus? Ini Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

- 6 Juni 2022, 18:00 WIB
Ilustrasi diabetes, apa itu diabetes dan diabetes melitus serta sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Ilustrasi diabetes, apa itu diabetes dan diabetes melitus serta sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. /Pixabay/nneem

BERITA DIY - Yuk kenali apa itu diabetes dan diabetes melitus serta sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes di artikel ini.

Dialnsir dari healthline.com diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) yang ada di dalam darah.

Diabetes terjadi apabila tubuh seseorang sudah tidak mampu lagi mengambil glukosa ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi.

Baca Juga: Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan: Kandungan GI yang Lebih Rendah Cocok untuk Penderita Diabetes

Sementara diabetes mellitus adalah penyakit metabolik yang menyebabkan gula darah tinggi, biasanya penyakit ini disebut dengan penyakit kencing manis.

Penderita diabetes akut yang tidak diobati dapat merusak saraf, mata, ginjal, hingga organ lainnya.

Gejala utama yang akan terjadi pada penderita diabetes adalah naiknya gula darah, namun ada juga gejala umum yang meliputi sebagai berikut:

Baca Juga: 5 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Berbuka Puasa, Bisa Jadi Cemilan Alternatif Penderita Diabetes

- Peningkatan rasa lapar
- Rasa haus yang meningkat
- Penurunan berat badan
- Sering buang air kecil
- Pandangan yang kabur
- Kelelahan ekstrim
- Luka yang tidak kunjung sembuh

Jika Anda merasakan hal yang sama seperti gejala umum penderita diabetes diatas, ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Cara Mengobati Kutu Air - Penyebab dan Cara Mencegah, Apa Pengidap Infeksi Kutu Air Rentan Terkena Diabetes?

Sementara untuk penyebab seseorang terkena diabetes bisa berasal dari banyak sebab, diabetes dapat disebabkan karena beberapa hal, di antaranya:

1. Keturunan

Penelitian menunjukkan, seseorang yang mempunyai riwayat keturunan diabetes akan lebih rentan terkena penyakit serupa.

Selain itu, sekitar 50 persen pasien diabetes juga mempunyai orangtua dengan riwayat penyakit yang sama.

2. Obesitas

Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu faktor terbesar penyebab diabetes dikarenakan semakin banyak jaringan lemak, tubuh, dan otot di dalam tubuh maka cara kerja insulin di dalamnya akan semakin berat.

Baca Juga: Penderita Diabetes Tipe 2 Wajib Hindari Makanan Ini, Konsumsi Biji-bijian Sebagai Diet Alternatif

Penelitian dilapangan menghasilkan bahwa 8 dari 10 penderita diabetes adalah mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

3.  Metabolic Syndrome

Penyebab lainnya dari diabetes adalah metabolic syndrome, metabolic syndrome adalah sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit diabetes, jantung, dan juga stroke.

Selain tiga penyebab di atas, Gaya hidup dengan makanan cepat saji dan kurangnya berolahraga menyebabkan semakin banyak orang yang mengidap diabetes dan penyakit lainnya.

Baca Juga: Gejala dan Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda, Ketahui Manfaat Besar Olahraga bagi Kesehatan

karena faktor itulah menyebabkan banyak orang yang mulai menerapkan hidup sehat pada pola kehidupannya dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah.

Dikutip dari buku Mengenal, Mencegah, Mengatasi Silent Killer Diabetes karya Vicynthia Tjahjadi, beberapa jenis sayuran sebetulnya tidak dapat dikonsumsi dengan bebas bagi penderita diabetes.

Jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah sayuran yang menganduk lemak dan karbohidrat yang terlalu banyak.

Baca Juga: Beda Tingkat Kematangan Beda Manfaat, Buah Pisang Mana yang Cocok Untuk Penderita Diabetes?

Sayuran dengan kandungan lemak dan karbohidrat terlalu banyak antara lain kentang, labu, kacang-kacangan, ubi, dan sebagainya.

Seseorang yang terkena diabetes tetap bisa mengkonsumsi sayur dengan bebas asalkan harus dibatasi maksimum 100 gram per hari.

Demikian informasi apa itu diabetes dan diabetes melitus serta sayuran yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x