Ciri-ciri Diabetes Pada Wanita Disertai Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Diabetes

- 21 Juni 2022, 13:33 WIB
Ilustrasi - Ciri-ciri diabetes pada  wanita serta cara mencegah dan mengobati penyakit diabetes.
Ilustrasi - Ciri-ciri diabetes pada wanita serta cara mencegah dan mengobati penyakit diabetes. /PIXABAY/Myriams-Fotos

BERITA DIY - Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan adanya kelainan metabolisme dan dapat menyerang wanita ataupun pria. Ciri-ciri diabetes baik pada wanita atau wanita pada umumnya sama, namun terdapat beberapa gejala yang hanya dialami oleh wanita ketika terkena diabetes.

Dilansir dari herminahospital.com, diabetes terjadi karena tubuh melalui pankreas tidak memproduksi insulin. Perlu diketahui bahwa insulin berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Kurangnya produksi atau tidak berfungsinya insulin biasanya disebabkan adanya kerusakan pada sel pankreas. Kondisi tersebut menyebabkan gula yang berbentuk glukosa dalam tubuh tidak dapat diproses secara sempurna dalam tubuh dan menyebabkan kadar gula dalam darah semakin meningkat.

Dilansir dari mitrakeluarga.com,, saat ini diabetes tak lagi hanya menyerang orang-orang yang berusia lanjut. Bahkan sebagian anak muda kini telah memiliki catatan penyakit diabetes yang dikenal sangat berbahaya karena memiliki potensi mendatangkan penyakit lainnya.

Baca Juga: Apa itu Diabetes dan Diabetes Melitus? Ini Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Adapun mengenai faktor penyebab diabetes tentunya berbeda-beda, sebagian menderita penyakit tersebut karena adanya faktor genetik atau keturunan. Faktor lainnya yang jadi penyebab adalah pola makan yang tidak sehat, rokok, alkohol, dan jarang berolahraga menjadi faktor terbesar dari munculnya penyakit diabetes.

Dilansir dari healthline.com, diabetes pada wanita memiliki ciri-ciri khusus, berikut merupakan ciri-ciri diabetes pada wanita:

1. Infeksi jamur pada vagina dan luka pada vagina

Wanita yang menderita diabetes cenderung lebih beresiko mengalami infeksi jamur pada wanita, hal tersebut dikarenakan tingginya kadar gula dalam urine. Kondisi tersebut disebabkan oleh jamur Candida Yang dapat menyebabkan infeksi pada vagina dan luka pada bagian tersebut dengan gejala seperti gatal, nyeri, dan keputihan.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x