Apa Arti Siri dalam Bahasa Bugis dan Contoh Budaya Siri' Na Pacce di Suku Bugis Jadi Dugaan Motif Ferdy Sambo

- 12 Agustus 2022, 00:24 WIB
Ini arti Siri dalam bahasa Bugis adalah apa, serta contoh budaya siri' na pacce di suku Bugis yang diduga menjadi motif Ferdy Sambo di kasus penembakan Brigadir J.
Ini arti Siri dalam bahasa Bugis adalah apa, serta contoh budaya siri' na pacce di suku Bugis yang diduga menjadi motif Ferdy Sambo di kasus penembakan Brigadir J. /ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

BERITA DIY - Berikut arti Siri dalam bahasa Bugis adalah apa, serta contoh budaya siri' na pacce di suku Bugis Sulawesi Selatan.

Banyak orang mencari artinya Siri adalah apa, yang diduga terkait dalam motif Irjen Ferdy Sambo dalam kasus penembakan Brigadir J.

Diketahui, Irjen Ferdy Sambo berasal dari Barru Sulawesi Selatan dan merupakan suku Bugis yang dalam budaya siri' na pacce berarti menjunjung tinggi harkat martabat keluarga.

Irjen Ferdy Sambo sendiri melalui pengacara pribadi Arman Haris menyampaikan motif pembunuhan Brigadir J atau Brigadir Yosua Hutabarat yakni demi menjaga dan melindungi kehormatan keluarganya.

Baca Juga: Pernyataan Resmi Tersangka Ferdy Sambo Akui Rekayasa Kronologi Kasus Penembakan Brigadir J Sejak di Magelang

Baca Juga: Profil dan Biodata Brigadir Joshua atau Yosua Hutabarat, Siapa Tersangka Baru Pembunuhan Brigadir J?

Lantas apa itu budaya siri' na pacce di suku Bugis?

Pengertian budaya siri' na pacce yakni Siri yang artinya rasa malu (harga diri, reputasi, kehormatan keluarga), sementara Pacce dalam bahasa Bugis disebut pesse yang berarti pedih atau pedas (keras, pendirian kokoh).

Dilansir dari sulselprov.go.id, secara definitif, siri' na pacce artinya seseorang yang berusaha menjaga harga diri serta kokoh dalam pendirian.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x