Bacaan Niat Puasa Arafah Idul Adha Beserta Hukum dan Manfaat Menjalankannya, Puasa Arafah 2022 Tanggal Berapa?

- 6 Juli 2022, 13:53 WIB
Puasa arafah jatuh pada tanggal, hukum puasa arafah, puasa arafah dilaksanakan pada tanggal 2022 dan manfaat puasa arafah.
Puasa arafah jatuh pada tanggal, hukum puasa arafah, puasa arafah dilaksanakan pada tanggal 2022 dan manfaat puasa arafah. /PIXABAY/@Konevi

BERITA DIY - Saat ini banyak yang tanya puasa arafah jatuh pada tanggal, hukum puasa arafah, puasa arafah dilaksanakan pada tanggal 2022 dan manfaat puasa arafah.

Simak bacaan niat puasa arafah Idul Adha beserta hukum dan manfaat menjalankannya, puasa arafah 2022 dilaksanakan atau jatuh pada tanggal berapa.

Puasa arafah sendiri merupakan ibadah sunnah puasa yang dijalankan umat Islam pada hari Arafah, yakni hari kesembilan di bulan Dzulhijjah.

Puasa arafah begitu dianjurkan bagi umat muslim yang tidak pergi haji, sebagaimana dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW tentang puasa Arafah.

Baca Juga: Cara Membuat Background Poster Idul Adha 2022 dengan Kata Ucapan Menggugah Hati Mudah dan Cepat

Sunnah menjalankan puasa Arafah hanya 1 hari pada tanggal 9 Dzulhijjah. Jika menurut ketentuan Pemerintah, puasa Arafah jatuh pada tanggal 9 Juli 2022.

Puasa arafah sendiri disebutkan bisa menjadi penebus dosa tahun sebelumnya dan satu tahun yang akan datang. Namun hukum puasa ini adalah sunnah.

Puasa sunnah di bulan Dzulhijjah sendiri dimulai dari Puasa Dzulhijjah pada 1-7 Dzulhijjah, kemudian dilanjutkan dengan puasa Tarwiyah pada 8 Dzulhijjah.

Baca Juga: Amalan-Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah yang Dianjurkan oleh Nabi Muhammad

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x