Puasa Arafah Dilakukan Pada Tanggal Berapa Dzulhijjah dan Masehi Lengkap Niat Puasa Sebelum Idul Adha 2022

- 5 Juli 2022, 14:20 WIB
Sementara dalam penanggalan Masehi, pemerintah Indonesia dan juga ormas NU menetapkan Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Artinya, puasa Arafah akan dilaksanakan pada 9 Juli.
Sementara dalam penanggalan Masehi, pemerintah Indonesia dan juga ormas NU menetapkan Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Artinya, puasa Arafah akan dilaksanakan pada 9 Juli. /TWIBBONIZE/Editorial staff

BERITA DIY - Tanggal berapa puasa Arafah dilakukan? Simak informasi kapan puasa Arafah bisa dikerjakan dalam penanggalan Dzulhijjah dan Masehi lengkap dengan niat puasa sebelum Idul Adha 2022.

Puasa Arafah merupakan puasa yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah dalam penanggalan hijriah atau sehari sebelum hari raya Idul Adha.

Sementara dalam penanggalan Masehi, pemerintah Indonesia dan juga ormas NU menetapkan Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022. Artinya, puasa Arafah akan dilaksanakan pada 9 Juli.

Baca Juga: Cara Membuat Background Poster Idul Adha 2022 dengan Kata Ucapan Menggugah Hati Mudah dan Cepat

Berbeda dengan pemerintah dan organisasi masyarakat NU, Muhammadiyah menetapkan Idul Adha pada tanggal 9 Juli 2022, artinya puasa Arafah jatuh pada 8 Juli 2022.

Puasa yang dilakukan bertepatan dengan para jamaah haji yang sedang menjalankan wukuf di Padang Arafah ini memiliki keutamaan bagi umat Islam yang yang begitu besar.

Salah satu bentuk keutaman dari puasa Arafah adalah menghapus dosa selama dua tahun yang meliputi dosa setahun sebeumnya serta satu tahun yang akan datang.

Baca Juga: Isi SKB 3 Menteri Idul Adha 2022 Tentang Cuti Bersama dan Jadwal Tanggal Merah Libur Nasional Juli 2022

Hal tersebut disampaikan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x