Kapan Jadwal Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 1443 H? Simak Keutamaan dan Bacaan Niat Arab, Latin, dan Artinya

- 5 Juli 2022, 16:10 WIB
Ilustrasi - Simak jadwal kapan Puasa Arafah Idul Adha 1443 H dan keutamaan beserta bacaan niat.
Ilustrasi - Simak jadwal kapan Puasa Arafah Idul Adha 1443 H dan keutamaan beserta bacaan niat. /Freepik/jcomp

BERITA DIY - Inilah jadwal Puasa Arafah sebelum Idul Adha 1443 H tanggal berapa? ini penjelasan lengkap dengan keutaman dan bacaan niat Arab, Latin, dan arti Bahasa Indonesia.

Puasa Arafah merupakan ibadah yang dilaksanakan dalam Hari Arafah atau ketika umat Islam yang sedang melaksanakan Haji mencapai pada hari yang disebut sebagai puncak dari ibadah tersebut.

Ibadah Puasa Arafah sendiri seperti yang diketahui merupakan ibadah puasa yang dilaksanakan sebelum nantinya umat Islam akan memperingati Hari Raya Idul Adha dan melaksanakan kurban.

Sedangkan pada tahun 2022 dalam perhitungan masehi atau yang bertepatan dengan 1443 H dalam perhitungan Hijriyah lantas kapankah Puasa Arafah nantinya akan dilaksanakan? Simak penjelasannya.

Baca Juga: Puasa Arafah Dilakukan Pada Tanggal Berapa Dzulhijjah dan Masehi Lengkap Niat Puasa Sebelum Idul Adha 2022

Mengenai kapan jadwal Puasa Arafah berdasarkan dari sejumlah diketahui akan dilakukan pada hari Arafah yang bertepatan dengan tanggal 9 Dzulhijjah pada penanggalan Hijriyah.

Jadwal atau tanggal 9 Dzulhijjah ini merupakan 1 hari atau hari sebelum keesokan harinya umat Islam akan memperingati Hari Raya Idul Adha yang nantinya akan diperingati.

Jika menilik dari ketetapan yang dilakukan, diketahui bahwa di Indonesia ketetapan dari pemerintah berdasarkan pada Sidang Isbat yang lalu, bahwa Idul Adha 1443 H akan diperingati pada Minggu 10 Juli 2022.

Dengan demikian, maka dapat diketahui bahwa jadwal atau tanggal umat Islam dapat melaksanakan ibadah Puasa Arafah yaitu pada Sabtu 9 Juli 2022 yang akan datang.

Baca Juga: Hukum Melaksanakan Puasa Arafah di Bulan Dzulhijjah Sebelum Idul Adha: Simak Niat dan Tanggal Dilaksanakan

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x