Amalan-Amalan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah yang Dianjurkan oleh Nabi Muhammad

- 5 Juli 2022, 18:00 WIB
Amalan-amalan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim.
Amalan-amalan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim. /Pexels/Alena Darmel

BERITA DIY – Berikut amalan-amalan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim.

Bulan Dzulhijjah menjadi salah satu bulan suci (syahr al haram) dalam Islam setelah Dzulqa'dah, Muharram, dan Rajab.

Saat ini pemerintah sudah menetapkan bulan Dzulhijjah jatuh pada hari Jumat, 1 Juli 2022. Dengan demikian, Idul Adha 2022 bakal jatuh pada tanggal 10 Juli 2022, tepatnya hari Minggu.

Sedangkan PP Muhammadiyah sudah mengeluarkan keputusan untuk penentuan Idul Adha 2022 maupun 1 Dzulhijjah 1443 H melalui Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1443 Hijriah.

Baca Juga: 3 Amalan yang Pahalanya Sama dengan Ibadah Haji dan Umroh Mudah Dilakukan Lengkap dengan Dasar Hukumnya

Keutamaan menjalan amalan-amalan di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah terungkap dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Tidak ada hari di mana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah." Mereka bertanya, "Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah?". Beliau menjawab, "Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun.“ (HR. Bukhari)

Dengan besarnya keutamaan 10 hari di bulan Dzulhijjah, Nabi Muhammad sangat menganjurkan umatnya untuk lebih sering mengerjakan amal kebaikan yang dicintai.

Berikut amalan-amalan 10 pertama hari Dzulhijjah

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x