7 Amalan Sunnah dalam Hari Raya Idul Adha yang Harus Diketahui oleh Umat Islam dan Memiliki Banyak Keutamaan

- 3 Juli 2022, 19:50 WIB
Ilustrasi. Tujuh amalan sunnah Hari Raya Idul Adha yang harus diketahui umat Islam, memiliki banyak keutamaan, dan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, salah satunya mengumandangkan takbir.
Ilustrasi. Tujuh amalan sunnah Hari Raya Idul Adha yang harus diketahui umat Islam, memiliki banyak keutamaan, dan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW, salah satunya mengumandangkan takbir. / PEXELS/vjapratama

BERITA DIY – Simak informasi mengenai tujuh amalan sunnah pada Hari Raya Idul Adha 1443 H yang jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022 mendatang dan bermanfaat jika dilakukan oleh umat Islam.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Hal ini sesuai dengan sidang isbat yang telah lebih dahulu dilakukan oleh Kementerian Agama untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 Dzulhijjah 1443 H.

Idul Adha sendiri merupakan salah satu dari dua hari raya yang dimiliki oleh umat Islam. Untuk merayakannya, umat Islam akan melaksanakan dua ibadah, yaitu Sholat sunnah Idul Adha dan ibadah kurban.

Perlu diketahui oleh umat Islam bahwa Sholat Idul Adha adalah sunnah muakkadah dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah.

Baca Juga: Apakah Tidak Boleh Memotong Kuku Sebelum Idul Adha, dan Bagaimana Hukumnya? Catat Ini Kata Ustadz Abdul Somad

Untuk melaksanakan Sholat Idul Adha terdapat beberapa amalan sunnah yang akan berpahala jika dilaksanakan oleh umat Islam. Amalan di bawah ini sunnah karena telah terlebih dahulu dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan akan mendapat keutamaan jika dilaksanakan.

Berikut adalah tujuh amalan sunnah yang bisa dilakukan oleh umat Islam menjelang ibadah Sholat Idul Adha pada Hari Raya Idul Adha yang dilaksanakan pada Minggu, 10 Juli 2022 mendatang:

1. Mengumandangkan Takbir

Mengumandangkan bacaan takbir adalah tindakan umat Islam untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT. Hal ini juga dijelaskan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam kitab Al-Mushannaf yang menjelaskan bahwa Rasulullah SAW melakukan takbir dari rumah dan baru selesai setelah menyelesaikan Shalat Idul Adha. 

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x