Idul Adha 2022: Orang Berkurban Dapat Daging Berapa? Pembagian Daging Kurban dalam Islam dan Landasan Hukumnya

- 2 Juli 2022, 08:49 WIB
Ilustrasi Idul Adha 2022: Orang berkurban dapat daging berapa? pembagian daging kurban dalam Islam dan landasan hukumnya.
Ilustrasi Idul Adha 2022: Orang berkurban dapat daging berapa? pembagian daging kurban dalam Islam dan landasan hukumnya. /PIXABAY/@Zichrini

BERITA DIY- simak informasi yang berkaitan dengan Idul Adha 2022 dan jumlah daging kurban yang diterima orang yang berkurban. Dalam artikel ini juga dilengkapi dengan informasi pembagian daging kurban dalam Islam.

Idul Adha tahun ini ada perbedaan antara Muhammadiyah dan pemerintah. Tahun ini Muhammadiyah menetapkan salat Idul Adha jatuh pada 9 Dzulhijjah 1443 Hijriah.

Sedangkan pemerintah menetapkan salat Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah atau bertepatan dengan 10 Juli 2022.

Pada Hari Raya Idul Adha umat Islam disunahkan untuk melakukan ibadah kurban dan tiga hari tasyrik. Penyembelihan hewan kurban dilakukan selama empat hari yaitu mulai 10, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Baca Juga: 7 Cara Aman Menyimpan Daging yang Benar Supaya Awet Tahan Lama dan Kualitas Tetap Terjaga

Kurban merupakan salah satu ibadah sunah dalam Islam yang hukumnya sunah muakkad. Walaupun hukumnya sunah, ibadah kurban saat Hari Raya Idul Adha pengerjaannya sangat ditekankan.

Hal tersebut dapat dilihat dalam salah satu hadis Nabi Muhammad SAW:

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan harta, sedangkan dia tidak berkurban, janganlah dekat-dekat tempat salat kami,” (H.R Ahmad, Ibnu Majah, dan Hakim).

Salah satu ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang anjuran melaksanakan qurban yaitu surat Al-Kausar ayat 1 dan 2:

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x