3 Manfaat Menyiram Tanaman Hias dengan Air Bekas Cucian Beras dan Cara Mengaplikasikannya

- 13 Mei 2022, 10:53 WIB
Manfaat menyiram tanaman hias dengan air bekas cucian beras dan cara mengaplikasikannya.
Manfaat menyiram tanaman hias dengan air bekas cucian beras dan cara mengaplikasikannya. /PIXABAY/@milivigerova

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai manfaat menyiram tanaman hias dengan air bekas cucian beras dan cara mengaplikasikannya.

Selain dapat memperindah rumah, tanaman hias juga bisa menghilangkan stres saat kita dituntut untuk lebih banyak tinggal di rumah pada saat pandemi COVID-19 ini.

Untuk menjaga tanaman tersebut agar tetap tumbuh subur, sehat, dan memancarkan warna yang menawan tentunya dibutuhkan perawatan yang baik.

Baca Juga: Peringatan Hari Kesehatan Tanaman Internasional Kapan? Ini Sejarah, Tujuan, dan Tema Peringatan Tahun 2022

Air cucian beras yang selama ini dianggap sebagai limbah rumah tangga yang tidak dianggap keberadaannya ternyata memiliki banyak manfaat bagi tanaman.

Mengutip dari laman resmi distani.tulangbawangkab, tujuan pencucian beras ini adalah untuk membersihkan beras seperti dari kulit yang masih tersisa, sisa gabah, serangga kecil pemakan beras, butiran kerikil yang terlihat atau kotoran lainnya.

Saat mencuci beras, biasanya air cucian berwarna putih keruh (beras putih) atau berwarna merah keruh (beras merah). Warna putih keruh/merah keruh itu menunjukkan bahwa lapisan terluar dari beras ikut terkikis.

Baca Juga: Cara Merawat Lavender Sebagai Tanaman Pengusir Nyamuk Estetik Secara Mudah

Meskipun banyak nutrisi yang telah hilang, namun pada bagian kulit ari masih terdapat sisa-sisa nutrisi yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan tanaman serta dapat membuat tanaman menjadi lebih subur. Selain nutrisi, air cucian beras juga mengandung beberapa jenis bakteri yang bermanfaat untuk tanaman.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x