Cara Merawat Lavender Sebagai Tanaman Pengusir Nyamuk Estetik Secara Mudah

- 4 Mei 2022, 16:05 WIB
 Ilustrasi - Simak cara merawat bunga lavender sebagai pengusir alami nyamuk di rumah, serta sebagai tanaman yang estetik untuk menghiasi rumah.
Ilustrasi - Simak cara merawat bunga lavender sebagai pengusir alami nyamuk di rumah, serta sebagai tanaman yang estetik untuk menghiasi rumah. /Pixabay / Mouse23.

BERITA DIY - Berikut cara merawat bunga lavender untuk mengusir nyamuk secara alami di rumah dan memberikan pandangan yang estetik, di mana aroma bunga tersebut bekerja sebagai pengusir nyamuk alami.

Bunga lavender atau dikenal dengan nama ilmiah Lavandula afficinalis syn L. angustifolia, merupakan bunga yang berasal dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika tropis dan ke timur sampai ke India.

Perlu diketahui bahwa bunga lavender merupakan tanaman yang bisa hidup di daerah tropis, sehingga merupakan tanaman yang bisa di tanam di Indonesia.

Baca Juga: Pemberantasan Nyamuk Demam Berdarah Dapat Dilakukan dengan 3M Plus, Bagaimana Tanda Penderita DBD?

Bunga cantik yang diminati oleh para pecinta tanaman ini tidak hanya sebagai penghias kebun rumah saja, melainkan bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk alami di rumah.

Alasan kenapa bunga lavender bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk alami adalah karena mengandung zat linalool dan lynalyl asetat, di mana dengan adanya zat tersebut menyebabkan aroma dari bunga lavender dibenci oleh nyamuk.

Dilansir dinkes.jogjaprov.go.id, aroma harum yang dihasilkan merupakan kesukaan para pecinta bunga akan tetapi bagi nyamuk aroma bunga lavender merupakan wangi yang mereka hindari, sehingga cocok digunakan untuk mengusir nyamuk dan bahan dasar membuat lotion anti nyamuk.

Baca Juga: 6 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Ampuh dan Mudah Perawatannya

Untuk bisa menggunakan bunga lavender sebagai pengusir nyamuk alami, berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk melakukannya simak berikut ini:

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x