Apa Itu Porang? Kini Harga Tanaman Anjlok Dulu Digadang-gadang Jadi Komoditas Ekspor Nasional

- 11 November 2021, 20:11 WIB
Simak pengertian porang, tanaman yang dulu digadang-gadang menjadi komoditas ekspor unggulan namun namun kini harga tumbuhan anjlok.
Simak pengertian porang, tanaman yang dulu digadang-gadang menjadi komoditas ekspor unggulan namun namun kini harga tumbuhan anjlok. /Twitter.com/@setkabgoid

BERITA DIY - Simak penjelasan apa itu porang, tanaman yang sempat digadang-gadang menjadi komoditas ekspor nasional namun kini nilai harga malah anjlok. 

Beberapa waktu lalu masyarakat ramai membicarakan tentang porang. Bahkan, Presiden Jokowi sempat menyebut tanaman itu akan menjadi unggulan ekspor Tanah Air.

Para petani atau orang yang baru terjun ke dunia agrikultur berlomba-lomba menanam porang karena memiliki nilai ekonomis apalagi diunggulkan untuk menjadi produk ekspor. Namun sayang kini harga tanaman sedang anjlok.

Baca Juga: Cara Menanam Porang, Cara Beli Bibit, Harga Bibit, dan Tempat untuk Beli Bibit Terbaik

Adapun manfaat porang bisa diolah menjadi beragam produk makanan seperti beras shirataki, campuran kue, hingga produk kecantikan atau kosmetik.

Tak heran jika Presiden Jokowi beberapa waktu lalu memberikan pernyataan pemerintah akan serius mempromosikan tanaman sejenis umbi-umbian ini.

"Tanaman ini (porang) bakal jadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia jika kita serius menggarapnya," tulis akun Instagram @jokowi pada 19 Agustus 2021 lalu.

Baca Juga: Apa Keistimewaan Tanaman dari Tawangmangu yang Sedang Viral di TikTok? Harganya Ratusan Juta Rupiah!

Presiden juga memperkirakan satu hektar lahan dapat menghasilkan 15-20 ton porang pada musim panen setiap delapan bulan. Adapun nilai ekonomis bisa mencapat Rp40 juta.

Bahkan Kementerian Pertanian menyebut bahwa nilai ekspor porang pada tahun 2020 mencapai Rp923 miliar. Sementara harga per kilogram sebelumnya mencapai Rp10.000. Saat ini harga porang yang anjlok turun di nominal sekitar Rp7.000 per kilogram.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x