6 Manfaat Tanaman Umbi Porang bagi Kesehatan, Harga Mahal, dan Jadi Komoditas Ekspor

- 9 April 2021, 16:08 WIB
6 Manfaat Tanaman Umbi Porang  bagi Kesehatan, Harga Mahal, dan Jadi Komoditas Ekspor.
6 Manfaat Tanaman Umbi Porang bagi Kesehatan, Harga Mahal, dan Jadi Komoditas Ekspor. /Instagram.com /@petaniporang

BERITA DIY - Sebagai tanaman yang saat ini menjadi komoditas primadona bagi banyak orang, umbi porang memiliki banyak sekali manfaat dan telah memiliki pangsa pasar di berbagai negara, seperti China, Taiwan, Korea, Jepang, dan Vietnam.

Tanaman umbi porang yang memiliki manfaat besar ini ketika diekspor ke luar negeri bisa menajadi bahan utama untuk membuat tepung yang memiliki nilai jual tinggi.

Tak hanya memiliki harga jual tinggi di dunia ekspor, tanaman umbi porang yang termasuk jenis iles-iles ini juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Minta TMII Tak Dijadikan Tanggungan Utang Negara, Politisi PKS: Ini Strategis dan Sangat menggiurkan

Sebagai tanaman yang memiliki manfaat besar dan umumnya tumbuh di hutan, porang yang memiliki nama latin Amorphophallus oncophyllus muelleri Blume merupakan jenis umbi-umbian yang tergolong dalam famili Areaceae.

Karena memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh, umbi porang lantas memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Hal itu karena tanaman tesebut mengandung glukomanan.

Glukomanan sendiri sangat baik untuk kesehatan dan dapat dengan mudah diolah menjadi bahan industri farmasi, selain sebagai bahan pangan. 

Baca Juga: Segera Daftar Sekolah Kedinasan! Ini Jadwal Seleksi STAN dan IPDN yang Dibuka hingga 30 April 2021

1. Dapat menurunkan kadar kolesterol

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x