Apa Keistimewaan Tanaman dari Tawangmangu yang Sedang Viral di TikTok? Harganya Ratusan Juta Rupiah!

- 17 September 2021, 14:27 WIB
ILUSTRASI - Tanaman Monstera mendadak viral usai seorang kolektor membeli dengan harga Rp225 juta asal Tawangmangu, Jawa Tengah.
ILUSTRASI - Tanaman Monstera mendadak viral usai seorang kolektor membeli dengan harga Rp225 juta asal Tawangmangu, Jawa Tengah. /PEXELS/skylar-kang

BERITA DIY - Baru-baru ini jagat dunia maya viral usai sebuah postingan di TikTok yang menunjukkan transaksi spesies tanaman seharga ratusan juta rupiah. 

Flora harga selangit tersebut belakangan diketahui bernama Monstera variegata yang dibeli oleh seorang kolektor tanaman hias asal Solo.

Adapun harga tanaman hias tersebut dibanderol oleh sorang warga asal Tawangmangu, Jawa Tengah. Lantas, apa keisitimewaan Monstera variegata yang harganya setara dengan satu unit mobil itu?

Baca Juga: Tanaman Hias Monstera: Harga Lengkap, Jenis yang Dimiliki, dan Alasan Mengapa Harga Bisa Mahal

Dilansir dari plantssparkjoy.com, Monstera adalah genus yang sebenarnya terdiri dari 22 spesies. Kebanyakan spesises memang menjadi tanaman hias dengan harga yang fantastis.

Orang-orang sering menyebutnya sebagai "tanaman keju Swiss" karena lubang yang berada di daunnya. Monstera berasal dari hutan tropis Amerika Tengah dan Meksiko Selatan.

Salah satu keistimewaan tumbuhan yang mirip tanaman "janda bolong" ini adalah variegasi warna, di mana daun dan batang bisa menunjukkan lebih dari satu warna yang berbeda.

Baca Juga: Kenapa Tanaman Monstera Mahal? Update Harga Monstera Terbaru September 2021

Adapun warna Monstera bisa berupa putih, krem, kuning, dan hijau terang. Penyebab variegasi ini bisa dikarenakan faktor gen alami, meski banyak yang mencoba untuk melakukan mutasi genetik guna menambah penampilan estetik tanaman.

Monstera yang bervariegasi dapat kembali ke warna hijau alaminya dikarenakan reaksi terhadap lingkungan yang berubah tergantung pada pasokan sinar matahari dan perubahan suhu.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x