Doa Zakat Fitrah: Bacaan Niat untuk Diri Sendiri, Istri, Anggota Keluarga Anak Laki-laki dan Anak Perempuan

- 30 April 2022, 06:00 WIB
Doa Zakat Fitrah: Bacaan Niat untuk Diri Sendiri, Istri, Anggota Keluarga Anak Laki-laki dan Anak Perempuan
Doa Zakat Fitrah: Bacaan Niat untuk Diri Sendiri, Istri, Anggota Keluarga Anak Laki-laki dan Anak Perempuan /Pixabay/ulleo

BERITA DIY - Berikut ini bacaan dari doa kala melaksanakan zakat fitrah idul fitri. Doa zakat fitrah yang diucapkan untuk diri sendiri, istri, anggota keluarga anak laki-laki dan anak perempuan.

Zakat menjadi salah satu pilar dalam rukun islam, lebih tepatnya pada rukun yang ke-empat. Berzakat hukumnya wajib bagi muslim dan mampu untuk mengerjakan. Apabila ditinggalkan mendapatkan dosa.

Allah SWT berfirman dalam kitab-Nya terkait zakat. Perintah zakat itu bersamaan dengan sholat yang termaktub dalam surat Al-Baqarah ayat 43, bunyinya sebagai berikut:

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Artinya: "Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah bersama dengan orang-orang yang ruku." (QS. Al-Baqarah: 43).

Baca Juga: Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga Teks Arab, Latin, Artinya Serta Doa Penerima Zakat Fitrah

Baca Juga: Kumpulan Bacaan Niat Zakat Fitrah atau Ijab Qabul Tulisan Arab, Latin dan Arti Indonesia, untuk Istri dll

Pengertian singkat tentang zakat fitrah yaitu suatu bagian dari ibadah zakat yang wajib dijalankan ketika bulan Ramadhan.

Setiap umat Islam yang merdeka serta mampu menjalankan sesuai syariat yang ditetapkan berkewajiban untuk menunaikan ibadah zakat fitrah. Tak terkecuali orang tua, anak muda, anak kecil, baik laki-laki maupun perempuan.

Tujuan dari pelaksanaan zakat fitrah ini sebagai cara untuk membersihkan harta umat Islam serta bentuk penyempurna dalam beragama.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x