Bagaimana Cara Perhitungan Zakat Mal? Berikut Penjelasan dan Syarat Wajib Zakat serta yang Berhak Menerima

- 29 April 2022, 16:30 WIB
Ilustrasi - Bagaimana cara perhitungan zakat mal? Berikut penjelasan, syarat, serta yang berhak menerima untuk membersihkan harta di Idul Fitri 2022.
Ilustrasi - Bagaimana cara perhitungan zakat mal? Berikut penjelasan, syarat, serta yang berhak menerima untuk membersihkan harta di Idul Fitri 2022. /FREEPIK/jcomp

BERITA DIY – Bagaimana cara perhitungan zakat Mal? Berikut penjelasan dan syarat wajib zakat serta siapa yang berhak menerima.

Jangan sampai salah hitung untuk mengeluarkan zakat Mal, sebab zakat Mal adalah kewajiban umat muslim untuk membersihkan hartanya.

Perlu diketahui bahwa Mal memiliki arti harta atau kekayaan (al-amwal, jamak dari kata mal) adalah “segala hal yang diinginkan manusia untuk disimpan dan dimiliki” (Lisan ul-Arab).

Sedangkan harta dalam pengertian Islam memiliki arti bahwa sesuatu yang boleh atau dapat dimiliki dan digunakan (dimanfaatkan) sesuai kebutuhannya.

Baca Juga: Tata Cara Panduan Zakat Fitrah 2022: Berapa Rupiah, Berapa Kg, Bacaan Niat untuk Diri Sendiri, Anak, Keluarga

Dengan pengertian tersebut, zakat mal berarti zakat yang dikenakan atas segala jenis harta, yang secara zat maupun substansi perolehannya tidak bertentangan dengan ketentuan agama.

Untuk harta yang wajib untuk di zakat mal terdiri atas simpanan kekayaan seperti uang, emas, surat berharga, penghasilan profesi, aset perdagangan, hasil barang tambang atau hasil laut, hasil sewa aset dan lain sebagainya.

Sedangkan dalam kitab Fiqh uz-Zakah karya Syaikh Dr. Yusuf Al-Qardhawi, menjelaskan bahwa zakat mal meliputi:

Baca Juga: Teks Ceramah Khutbah Sholat Jumat Terakhir Ramadhan 2022 tentang 'Zakat Meminimalisir Jurang Kaya dan Miskin'

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah