Zakat Fitrah Kapan Terakhir Dibayarkan, Sebelum atau Boleh Setelah Idul Fitri? Ini Tata Cara dan Besarannya

- 27 April 2022, 17:00 WIB
Ilustrasi - Simak kapan waktu terbaik, tata cara, dan besaran jumlah Zakat Fitrah menjelang Lebaran Idul Fitri.
Ilustrasi - Simak kapan waktu terbaik, tata cara, dan besaran jumlah Zakat Fitrah menjelang Lebaran Idul Fitri. /PIXABAY/ahmadi19

BERITA DIY - Simak kapan waktu terbaik bayar Zakat Fitrah lengkap dengan tata cara dan juga besaran yang nantinya harus dibayarkan.

Menjelang Lebaran Idul Fitri, salah satu ibadah yang dapat dilaksanakan oleh umat Islam yaitu dengan membayarkan Zakat Fitrah sesuai dengan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Membayar Zakat Fitrah sendiri merupakan suatu amal ibadah yang bertujuan untuk membersihkan harta, sekaligus menjadi momentyum berbagi kebahagiaan menjelang Lebaran Idul Fitri.

Baca Juga: Waktu Terbaik untuk Membayar Zakat Fitrah: Jangan Sampai Terlewat, Ada Dosa Besar di Waktu yang Haram

Untuk melakukan pembayaran Zakat Fitrah sendiri dapat dilakukan sesuai dengan waktu yang telah dianjurkan, hal ini dapat diketahui berdasarkan pada salah satu penjelasan.

Terkait dengan waktu pembayaran Zakat Fitrah memang berbeda jika dibandingkan dengan amalan ibadah yang lain seperti ibadah Zakat atau Sedekah yang juga dianjurkan lainnya.

Perbedaan yang dimiliki oleh Zakat Fitrah dibandingkan dengan amalan yang sejenis lainnya, adalah waktu pelaksanaannya diatur atau memiliki waktu tersendiri.

Baca Juga: Bacaan Niat Ijab Qobul, Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Mewakili Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

Lebih lanjut, mengutip dari laman resmi Lazizmu.org, untuk waktu pembayaran zakat Fitrah seperti yang dianjurkan atau wajib untuk dilakukan yaitu pada waktu wajib.

Sedangkan waktu wajib untuk melakukan pembayaran Zakat Fitrah itu sendiri yaitu berlaku pada saat mulai tenggelamnya matahari terakhir di bulan Ramadhan hingga waktu sebelum melaksanakan Shalat Idul Fitri.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x