Besaran Zakat Fitrah di 5 Kota di Indonesia dan Bacaan Niat Zakat Fitrah Bahasa Arab, Latin, serta Artinya

- 24 April 2022, 16:31 WIB
 Besaran nominal zakat fitrah di 5 kota di Indonesia dan bacaan niat zakat fitrah dalam Bahasa Arab, latin, dan artinya.
Besaran nominal zakat fitrah di 5 kota di Indonesia dan bacaan niat zakat fitrah dalam Bahasa Arab, latin, dan artinya. /Freepik.com/freepik

BERITA DIY – Simak informasi besaran Zakat Fitrah di lima kota besar di Indonesia dan niat Zakat Fitrah Ramadhan 2022 lengkap untuk diri sendiri hingga istri lengkap bahasa Arab, latin dan artinya.

Melakukan zakat adalah merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim yang juga terkandung dalam lima rukun islam.

Jelang berakhirnya bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk membayarkan zakat fitrah, yaitu zakat yang diberikan sebelum dilaksanakannya Salat Id.

Baca Juga: Kumpulan Niat Ijab Qabul Zakat Fitrah dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya Indonesia serta Besaran Zakat

Hukum zakat fitrah tertulis dalam hadis riwayat dari Abu Dawud no. 1609 yang berbunyi:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِ طُهْرَةً لِلصَّائِمِ مِنْ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَاكِينِ مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ فَهِيَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلَاةِ فَهِيَ صَدَقَةٌ مِنْ الصَّدَقَاتِ

“Dari Ibnu ‘Abbas, dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mewajibkan zakat fithri untuk menyucikan orang yang berpuasa dari perkara sia-sia dan perkataan keji, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin. Barangsiapa menunaikannya sebelum shalat (‘Id), maka itu adalah zakat yang diterima. Dan barangsiapa menunaikannya setelah shalat (‘Id), maka itu adalah satu shadaqah dari shadaqah-shadaqah“. (HR Abu Dawud).

Dikutip dari laman  Badan Amil Zakat Nasional, ulama Shaikh Yusuf Qardawi telah membolehkan zakat fitrah ditunaikan dalam bentuk uang yang setara dengan 1 sha’ gandum, kurma atau beras. Nominal zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk uang, menyesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi.

Baca Juga: Zakat Fitrah Berapa Kg Beras? Cek Dalil, Manfaat Berzakat dan Jadwal Pengumpulan di Ramadhan 2022

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah