Doa Niat Bayar Zakat Fitrah 2022 untuk Diri Sendiri, Keluarga, Istri, Anak Laki-laki hingga Anak Perempuan

- 18 April 2022, 21:05 WIB
Teks bacaan doa niat bayar Zakat Fitrah 2022 untuk diri sendiri, keluarga, istri, anak laki-laki, dan anak perempuan.
Teks bacaan doa niat bayar Zakat Fitrah 2022 untuk diri sendiri, keluarga, istri, anak laki-laki, dan anak perempuan. /FREEPIK/macrovector

BERITA DIY - Berikut doa niat bayar Zakat Fitrah 2022 untuk diri sendiri, diri sendiri dan keluarga, istri, anak perempuan, hingga anak laki-laki.

Umat Islam yang mampu dan memenuhi syarat wajib membayar Zakat Fitrah di akhir bulan Ramadhan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri tak terkecuali tahun 2022.

Ketika akan melaksanakan ibadah tersebut, hendaknya umat Muslim membaca doa niat Zakat Fitrah apakah untuk diri sendiri maupun anggota keluarga yang ditanggungnya, seperti istri, anak perempuan, dan anak laki-laki.

Baca Juga: Doa Niat Zakat Fitrah Lengkap dengan Besaran yang Harus di Bayar di DKI Jakarta dan Jawa Barat

Sebelumnya, keutamaan dan kewajiban Zakat Fitrah sendiri telah disebutkan dalam Al-Quran dan hadits, salah satunya hadits dari Ibnu Umar RA.


فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ عَلَى الْعَبْدِ وَالْحُرِّ ، وَالذَّكَرِ وَالأُنْثَى ، وَالصَّغِيرِ وَالْكَبِيرِ مِنَ الْمُسْلِمِينَ وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ النَّاسِ إِلَى الصَّلاَةِ

Artinya: "Rasulullah SAW mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi setiap muslim yang merdeka maupun budak, laki-laki maupun perempuan, anak kecil maupun dewasa. Zakat tersebut diperintahkan dikeluarkan sebelum orang-orang keluar untuk melaksanakan shalat ‘ied." (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Bacaan Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Anggota Keluarga dalam Arab, Latin, dan Terjemahan Indonesia

Allah SWT juga telah berfirman dalam Al-Quran tentang kewajiban seorang Muslim membayar Zakat Fitrah yang sama halnya dengan sholat sebagaimana dalam Surat Al-Baqarah ayat 43 berikut ini:

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x