Waktu Terbaik untuk Membayar Zakat Fitrah: Jangan Sampai Terlewat, Ada Dosa Besar di Waktu yang Haram

- 27 April 2022, 15:00 WIB
Ilustrasi - Waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah, jangan sampai terlewat agar terhindar dari dosa karena membayarkannya pada waktu haram.
Ilustrasi - Waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah, jangan sampai terlewat agar terhindar dari dosa karena membayarkannya pada waktu haram. /FREEPIK/jcomp

BERITA DIY - Waktu terbaik untuk membayar zakat fitrah, jangan sampai terlewat agar terhindar dari dosa karena membayarkannya pada waktu haram.

Terdapat batas dan beberapa waktu untuk membayarkan zakat fitrah, ada waktu wajib, sunnah, mubah, makruh, dan haram.

Megetahui waktu utama membayar zakat fitrah sangatlah penting, sebab waktu pembayaran akan mempengaruhi jumlah pahala yang akan didapatkan.

Pembayaran zakat fitrah di waktu yang tepat akan memberikan pahala yang besar, namun jika melawati batas waktu yang telah ditentukan bisa menjadi dosa besar.

Baca Juga: Bacaan Niat Ijab Qobul, Doa Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Mewakili Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

Zakat fitrah merupakan zakat yang dikeluarkan hanya pada waktu Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tujuan dari zakat fitrah adalah untuk menyempurnakan puasa yang telah dilakukan selama satu bulan penuh.

Tidak jarang, saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan banyak orang yang secara tidak segaja melakukan dosa-dosa kecil, seperti marah, berbicara kasar, ghibah, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, zakat fitrah dapat membersihkan dan menyempuarnakan puasa Ramadhan dari kekurangan-kekurangan tersebut.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Syawal Tanggal 2-7 Syawal Usai Lebaran Idul Fitri 2022 Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah