7 Bahan Makanan Pengganti Santan yang Sehat untuk Hindari Kolesterol di Lebaran Hari Raya Idul Fitri

- 17 April 2022, 10:22 WIB
Ilustrasi - Simak 7 rekomendasi bahan makanan alternatif pengganti santan pada makanan, sehingga terhindar dari kolesterol ketika lebaran Idul Fitri.
Ilustrasi - Simak 7 rekomendasi bahan makanan alternatif pengganti santan pada makanan, sehingga terhindar dari kolesterol ketika lebaran Idul Fitri. /PIXABAY/LisaRedfern

BERITA DIY - Simak penjelasan mengenai 7 rekomendasi bahan makanan alternatif pengganti santan pada makanan, sehingga bisa terhindar dari kolesterol tinggi ketika merayakan lebaran Idul Fitri.

Perlu diketahui menurut healthline.com kolesterol bukanlah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri maupun virus, melainkan suatu kondisi yang terjadi pada tubuh dikarenakan tingkat mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi, makanan berlemak jenuh, maupun lemak trans.

Selain karena memakan makanan yang bahan dasarnya yang menyebabkan peningkatan kolesterol pada tubuh, mengalami kolesterol tinggi juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat seperti obesitas.

Baca Juga: Resep Es Selendang Mayang Minuman Khas Betawi, Nikmatnya Paduan Kue Kenyal, Kuah Santan, dan Saus Gula Merah

Bagi penderita kolesterol tinggi memakan makanan bersantan menjadi suatu pantangan yang wajib, dikarenakan tingkat kolesterol jahat pada tubuh akan meningkat apabila penderitanya mengkonsumsi makanan bersantan.

Dikarenakan pada perayaan Idul Fitri di Indonesia terutama Pulau Jawa identik dengan makanan bersantan, maka tak jarang bagi beberapa orang tidak bisa mengonsumsi makanan khas lebaran seperti anggota keluarga lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan mengganti santan sebagai bahan suatu masakan khas lebaran dengan bahan alternatif, di mana bahan alternatif tersebut harus diperhatikan takaran dan kecocokannya dengan resep yang akan dimasak.

Baca Juga: Resep Soto Kikil Tanpa Santan, Menu Sarapan Khas Surabaya Jawa Timur

Dilansir dari healthline.com berikut 7 rekomendasi bahan alternatif yang bisa digunakan untuk menggantikan santan pada makanan, simak berikut ini:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x