Hukum Mandi Junub Saat Puasa Ramadhan, Dilakukan Setelah Subuh: Apakah Puasa Menjadi Batal?

- 12 April 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi - Berikut hukum mandi wajib setelah shalat subuh atau saat puasa Ramadhan.
Ilustrasi - Berikut hukum mandi wajib setelah shalat subuh atau saat puasa Ramadhan. /PIXABAY/Public Domain Pictures

BERITA DIY - Inilah hukum mandi junub saat puasa Ramadhan, penjelasan apakah jika dilakukan setelah Subuh, puasa akan dapat dilanjutkan ataukah batal.

Dari berbagai pertanyaan mengenai ibadah puasa Ramadhan, salah satunya adalah mengenai kegiatan atau mandi junub yang dapat dilakukan bagi seseorang yang memiliki hadas besar.

Biasanya kegiatan membersihkan diri atau dikenal dengan mandi junub tersebut dilakukan salah satunya usai melakukan hubungan suami istri yang dilakukan oleh pasangan.

Baca Juga: Kapan Malam Nuzulul Quran Bulan Ramadhan 2022? Ini Artinya dan Amalan Apa yang Bisa Dikerjakan

Sedangkan untuk melakukan mandi junub sendiri seperti yang banyak dilakukan adalah dapat dilaksanakan pada hari sebelum masuknya waktu puasa pada hari berikutnya.

Dengan demikian, maka dapat diketahui salah satu waktu dapat dilakukannya mandi junub pada saat Ramadhan sendiri ialah sebelum memasuki adzan Subuh yang menandakan awal puasa.

Lantas seperti apakah jika setelah adzan Subuh namun masih belum melakukan mandi Junub, apakah nantinya ibadah puasa yang dilakukan akan bisa dilanjutkan atau menjadi batal.

Baca Juga: Teks Ceramah Singkat Kultum Ramadhan 1443 Hijriah Tentang Orang yang Tidak Mendapat Rahmat Allah di Ramadhan

Hukum Mandi Junub

Berdasarkan dari laman resmi yaitu jatim.nu.or.id, disebutkan bahwa jika terdapat seseorang atau pasangan yang masih dalam keadaan junub atau belum melaksanakan mandi junub, maka puasa yang dilakukan tetap dianggap sah.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x