Perbedaan Minyak Goreng Curah, Kemasan Sederhana, dan Kemasan Premium hingga Beda Harga Tanpa HET

- 17 Maret 2022, 12:00 WIB
 Kenali perbedaan minyak goreng curah, kemasan sederhana, dan kemasan premium selain pada HET yang ditetapkan oleh Menko Airlangga Hartarto.
Kenali perbedaan minyak goreng curah, kemasan sederhana, dan kemasan premium selain pada HET yang ditetapkan oleh Menko Airlangga Hartarto. /PIXABAY/ivabalk

BERITA DIY – Simak perbedaan mengenai minyak goreng curah, minyak goreng kemasan sederhana dan minyak goreng kemasan premium pasca dicabutnya HET oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menetapkan kebijakan pencabutan harga eceran tertinggi untuk minyak goreng kemasan dan distribusi minyak goreng ke masyarakat.

Dalam Siaran Pers bernomor HM.4.6/135/SET.M.EKON.3/3/2022 dijelaskan bahwa dalam upaya penyediaan kebutuhan minyak goreng bagi masyarakat, pemerintah menetapkan beberapa kebijakan baru, yaitu:

Baca Juga: Update Harga Minyak Goreng Terbaru Hari Ini, Berapa Harga Curah dan Kemasan? Bisa Didapat Dimana?

1. Menetapkan harga minyak goreng curah di masyarakat sebesar Rp14.000 per liter;

2. Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan memberikan subsidi minyak goreng curah, dan;

3. Harga minyak goreng kemasan akan disesuaikan dengan harga keekonomian.

Mengenai harga minyak goreng kemasan, Kepala NFA Arief Prasetyo seperti dikutip oleh BERITA DIY dari ANTARA menjelaskan bahwa yang dimaksud harga keekonomian adalah harga ditentukan oleh mekanisme pasar.

"Jadi untuk minyak goreng kemasan nanti ikut harga keekonomian artinya melihat atau mengikuti harga market dan kita lepas di pasar," ujar Kepala NFA Arief Prasetyo Adi dalam peninjauan distribusi minyak goreng curah di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Rabu, 16 Maret 2022.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x