Ketahui Penyebab Perang Rusia Ukraina karena Apa, Apa karena Presiden Ukraina Mau Gabung NATO? Ini Sejarahnya

- 2 Maret 2022, 19:29 WIB
Penyebab perang Rusia vs Ukraina karena apa, apa karena Presiden Ukraina mau gabung NATO? Berikut sejarah hubungan kedua negara.
Penyebab perang Rusia vs Ukraina karena apa, apa karena Presiden Ukraina mau gabung NATO? Berikut sejarah hubungan kedua negara. /MOHAMMAD AYUDHA/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Ketahui penyebab perang Rusia vs Ukraina karena apa, apa karena Presiden Ukraina mau gabung NATO? Berikut sejarah hubungan kedua negara hingga disebut bisa memicu perang dunia 3.

Menurut data Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), perang antara Rusia vs Ukraina telah menewaskan setidaknya 136 warga sipil, 13 di antaranya anak-anak.

"Jumlah korban tewas yang sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi," kata juru bicara Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk HAM (OHCHR) Liz Throssell, dikutip dari Reuters, Rabu, 2 Maret 2022.

Jubir PBB itu juga membeberkan, 253 korban berada di wilayah Donetsk dan Lugansk di Ukraina timur. Persediaan makanan di sana pun disebut menipin.

Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) JUGA melaporkan bahwa lebih dari 660.000 orang, yang mayoritas anak-anak dan perempuan, telah meninggalkan Ukraina dan mengungsi ke negara-negara tetangga dalam enam terakhir sejak invasi dimulai.

Seperti diketahui, perang antara Rusia vs Ukraina dimulai dengan operasi militer yang diumumkan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin pada Kamis, 24 Februari 2022.

Baca Juga: Profil dan Spesifikasi Pesawat Kargo Terbesar di Dunia Antonov AN 225 MRIYA yang Dihancurkan Rusia

Lantas, apa penyebab perang Rusia vs Ukraina?

Pengamat kebijakan luar negeri Rusia dan resolusi konflik di Post-Soviet Space dan Yaman, Revy Marlina mengungkapkan mengapa Ukraina begitu penting bagi Rusia.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x