Resep Membuat Bolu Labu Kuning Tanpa Pewarna Makanan dan Tidak Memakai Oven

- 24 Februari 2022, 15:54 WIB
 Ilustrasi kue bolu. Simak resep, bahan-bahan, dan cara pembuatan bolu yang menggunakan bahan dasar labu kuning yang dibuat tanpa bahan pewarna dan tidak menggunakan oven.
Ilustrasi kue bolu. Simak resep, bahan-bahan, dan cara pembuatan bolu yang menggunakan bahan dasar labu kuning yang dibuat tanpa bahan pewarna dan tidak menggunakan oven. / Pixabay.com/@Romeoandjuliet

BERITA DIY – Resep dan cara memasak bolu berbahan dasar labu kuning tanpa pengawet makanan, dan juga bisa dimasak tanpa menggunakan oven, selengkapnya di sini.

Labu kuning atau yang dalam Bahasa Latin disebut Cucurbita moschata memiliki beberapa nama di daerah lain, seperti labu parang (Melayu) dan waluh, bagi orang Sunda maupun Jawa.

Tanaman labu kuning berasal dari daerah Ambon. Ada lima spesies labu yang umum dikenal, yaitu Cucubita maxima Duchenes, Cucurbita ficifolia Bouche, Cucurbita mixta, Cucurbita moschata Duchenes, dan Cucurbita pipo L. Kelima spesies cucurbita tersebut di Indonesia disebut labu kuning (waluh) karena mempunyai ciri-ciri yang hampir sama.

Baca Juga: Resep Membuat Rica-Rica Ayam yang Cocok untuk Pecinta Pedas: Ekonomis dan Enak, Begini Cara Memasaknya

Manfaat Labu Kuning

Seperti dikutip dari Cancer Chemoprevention Research Center UGM ccrc.farmasi.ugm.ac.id, daging buah labu kuning mengandung antioksidan yaitu betakaroten yang dapat memperlambat perkembangan kanker.

Selain itu, labu kuning juga dapat digunakan untuk penyembuhan radang, pengobatan ginjal, demam, dan diare.

Selain bermanfaat sebagai bahan obat, labu kuning juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan bolu.

Bolu yang menggunakan tumbuhan labu kuning tidak perlu menggunakan tambahan pewarna makanan, karena warna kuning pada labu kuning akan keluar di adonan sehingga membuat adonan bolu menjadi lebih menarik.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x