Tanggal 19 November 2021 Memperingati Hari Apa? SImak Sejarah Hari Pria Internasional dan Tema Tahun Ini

- 18 November 2021, 16:59 WIB
ILUSTRASI - Simak sejarah Hari Pria Internasional 19 November 2021 beserta tema tahun ini.
ILUSTRASI - Simak sejarah Hari Pria Internasional 19 November 2021 beserta tema tahun ini. /PEXELS/wildlittlethingsphoto

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Pria Internasional/International Man's Day (IMD) yang jatuh pada hari Jumat, tanggal 19 November 2021 beserta tema peringatan tahun ini. Adapun momen spesial ini diperingati di 87 negara di seluruh dunia.

Setiap hari memiliki momen tertentu, di antaranya masyarakat dunia setiap tanggal 19 November memperingati Hari Pria Internasional. Ada tema yang diusung setiap tahun tak terkecuali tahun 2021 ini.

Sebelum dirayakan sedunia, ada negara yang telah lebih dahulu merayakan. Jika ditarik ke belakang, sejarah Hari Pria Internasional yang jatuh pada 19 November 2021 justru pertama kali dirayakan di Malta di tanggal yang berbeda, yaitu 7 Februari 1994.

Baca Juga: Tanggal 17 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Pelajar Internasional, Berawal dari Nazi?

Inisiasi muncul ketika Hari Pria Internasional diresmikan pada tanggal 8 Februari 1991. Proyek ini lalu digerakan kembali pada tahun 1999 di Trinidad dan Tobago, sebuah negara kecil di Kepulauan Karibia.

Tokoh yang menghidupkan kembali acara tersebut bernama Jerome Teelucksingh. Dia memilih tanggal 19 November untuk menghormati ulang tahun ayahnya serta pada tanggal yang sama di tahun 1989, timnas sepakbola Trinidad dan Tobago lolos ke Piala Dunia dan menyatukan negara.

Teelucksingh berharap dengan adanya peringatan ini, semua masalah pada pria dari beragam usia dapat ditangani. Lebih dari itu, tujuan momen IMD adalah untuk menghargai prestasi dan kontribusi laki-laki, khususnya terhadap keluarga, maupun persatuan dan kesatuan di masyarakat.

Baca Juga: 16 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Toleransi Sedunia dan Tema Tahun Ini

Meski terdengar 19 November adalah perayaan khusus bagi pria, dikutip dari website internationalmensday.com, salah satu dari enam pilar Hari Pria Internasional adalah untuk meningkatkan hubungan gender.

Kesetaraan gender yang dipromosikan pada IMD tak hanya berlaku bagi pria, namun juga wanita. Oleh karena itu, tema Hari Pria Internasional 2021 mengusung "Hubungan yang lebih baik antara pria dan wanita".

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x