5 November 2021 Memperingati Hari Apa? Ini Sejarah Hari CInta Puspa dan Satwa Nasional dan Link Twibbon

- 4 November 2021, 20:27 WIB
ILUSTRASI - Simak sejarah peringatan dan link Twibbon Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh pada tanggal 5 November 2021.
ILUSTRASI - Simak sejarah peringatan dan link Twibbon Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh pada tanggal 5 November 2021. /PEXELS/aenic

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang jatuh pada Jumat, 5 November 2021 beserta link Twibbon peringatan, cocok dipasang di media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, TikTok, dll.

Meski tanggal 5 November 2021 bukanlah tanggal merah namun ada Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang harus diketahui sejarah peringatannya.

Momen Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional memiliki tujuan untuk meningkat kesadaran kepada masyarakat tentang perlindungan dan pelestarian bunga serta satwa nasional.

Baca Juga: Tanggal 2 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Arwah dan Tradisi Peringatan

Tak hanya itu, HCPSN diharapkan mampu untuk menjadi penggerak hati manusia tentang betapa pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan dan di lingkungan.

Adapun sejarah peringatan dimulai saat Presiden Soeharto menjabat. Ketika itu, Presiden menandatangani Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 4 Tahun 1993.

Berdasarkan keputusan, terdapat tiga satwa yang masing-masing mewakili satwa darat, air, dan udara yang dinyatakan sebagai satwa nasional, yaitu Komodo sebagai satwa nasional, Ikan Siluk Merah sebagai satwa pesona, dan Elang Jawa sebagai satwa langka.

Baca Juga: 1 November 2021 Memperingati Hari Apa? Ini Sejarah Hari Vegan Sedunia dan Cara Mulai Pola Hidup Sehat

Sementara tiga jenis bunga yang dinyatakan sebagai bunga nasional diwakili oleh Melati sebagai puspa bangsa, Anggrek Bulan sebagai puspa pesona, dan Padma Raksasa sebagai puspa langka.

Pesan dari Kepres tersebut juga meminta kementerian terkait untuk menyusun langkah-langkah strategis dalam mewujudkan kepedulian dan rasa cinta terhadap satwa dan bunga di kalangan masyarakat.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x