16 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa? Ada Hari Pangan Sedunia, Simak Sejarah dan Tema Peringatannya

- 15 Oktober 2021, 19:25 WIB
ILUSTRASI - Simak sejarah Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2021 beserta tema peringatan tahun ini.
ILUSTRASI - Simak sejarah Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober 2021 beserta tema peringatan tahun ini. /PEXELS/kampus

BERITA DIY - Simak penjelasan sejarah Hari Pangan Sedunia (HPS) yang jatuh pada Sabtu, 16 Oktober 2021 beserta tema peringatan tahun ini. Indonesia menjadi salah satu negara yang menyepakati momen penting tersebut.

Dikutip dari Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, asal mula Hari Pangan Sedunia tercatat sejak November 1976 ketika dilaksanakannya Konferensi Food and Agricultural Organization (FAO) yang ke-20 di Roma, Italia.

Resolusi No.179 memutuskan untuk merayakan Hari Pangan Sedunia mulai tahun 1981 setiap tanggal 16 Oktober. Kesepakatan ini ditandatangani oleh 147 negara dari seluruh dunia.

Baca Juga: 15 Oktober 2021 Memperingati Apa? Ada Hari Hak Asasi Hewan Sedunia, Siapa dan Di Manakah Dideklarasikan?

HPS diselenggarakan untuk menumbuhkan kesadaran dan perhatian masyarakat dari segala lapisan tentang vitalnya masalah pangan di berbagai tingkatan, dari level regional, nasional, dan global.

Indonesia menjadi salah satu negara yang mendeklarasikan HPS harus berkomitmen tentang momen 16 Oktober ini. Adapun acara dipimpin oleh Kementerian Pertanian yang menunjuk Departemen Pertanian untuk memperingati HPS untuk berkolaborasi dengan beragam departemen atau institusi lainnya.

FAO mengumumkan tema peringatan Hari Pangan Sedunia bertajuk "Our actions our future-Better production, better nutrition, a better environment and a better life".

Baca Juga: Tanggal 12 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Hari Museum Nasional Beserta Sejarahnya

Tema HPS 2021 memiliki arti "Tindakan kita adalah masa depan kita-Produksi yang lebih baik, nutrisi yang lebih baik, lingkungan yang lebih baik, dan kehidupan yang lebih baik".

Kota Brussels di Belgia ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan Hari Pangan Sedunia tahun 2021 ini. Aksi bersama di 150 negara pada momen HPS membuat peringatan 16 Oktober  menjadi salah satu agenda besar dalam kalender PBB.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x