Mengenal Hari Raya Kristiani Kristen dan Katolik: Natal, Paskah, Pentakosta, hingga Kenaikan Yesus Kristus

- 22 Juni 2021, 12:08 WIB
Ilustrasi: Mengenal Hari Raya Umat Kristiani mulai dari Natal, Paskah hingga Pentakosta.
Ilustrasi: Mengenal Hari Raya Umat Kristiani mulai dari Natal, Paskah hingga Pentakosta. /Pixabay/ Nickelbabe

BERITA DIY – Seperti agama lainnya, umat kristiani yaitu umat beragama Katolik dan Kristen juga merayakan hari besar keagamaan. Mari mengenal hari raya umat kristiani mulai dari hari raya paskah hingga natal melalui artikel berikut.

Selama satu tahun setidaknya umat Kristiani akan memperingati empat hari raya. Keempat hari raya tersebut adalah hari raya Paskah, Pentakosta, Kenaikan Isa Almasih dan Natal.

Setiap hari raya ini memiliki makna yang berbeda-beda. Seluruh hari raya umat Kristiani biasanya tertuang dalam kalender liturgi dan beberapa diantaranya ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Baca Juga: Selamat Hari Raya Waisak 2021: Kirim 20 Ucapan Ini ke Saudara Tersayang, Cocok Buat Status WA, IG, Facebook

Kenali dan ketahui lebih lanjut hari raya dan perayaan umat kristiani mulai dari hari raya Paskah, kenaikan Isa Almasih, Pentaskosta hingga Natal, selengkapnya.

1. Hari Raya Paskah

Hari Raya Paskah merupakan perayaan terbesar dan pun puncak perayaan keagamaan umat kristiani. Di mana umat Kristiani memperingati peristiwa kebangkitan Yesus Kristus setelah tiga hari disalibkan.

Sebelum itu, umat kristiani akantolik mengikuti ibadah Tri Hari Suci yaitu Kamis Putih, Jumat Agung dan Malam Paskah. Setiap hari memiliki makna dan arti yang berbeda.

Tanggal hari raya paskah tidak tetap setiap tahunnya, paskah dirayakan pada hari Minggu pertama sesudah bulan purnama  yang jatuh pada tanggal 21Maret atau sesudahnya, sehingga Paskah biasanya jatuh antara tanggal 22 Maret hingga 27 April.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x