Tanggal 2 November 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Arwah dan Tradisi Peringatan

- 1 November 2021, 20:05 WIB
ILUSTRASI - Simak sejarah dan bentuk perayaan Hari Arwah yang jatuh pada tanggal 2 November 2021.
ILUSTRASI - Simak sejarah dan bentuk perayaan Hari Arwah yang jatuh pada tanggal 2 November 2021. /PEXELS/brett-sayles

BERITA DIY - Simak sejarah peringatan Hari Arwah yang jatuh pada Selasa, 2 November 2021 beserta tradisi perayaan di beberapa negara.

Kata kunci "2 November 2021 memperingati hari apa?" menjadi trending di pencarian Google. Jika dilihat dari penanggalan, tanggal tersebut merupakan hari ke-306 (atau ke-307 di tahun kabisat) dalam kalender Masehi.

Tak hanya itu, ternyata 2 November 2021 memperingati Hari Arwah atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan All Soul's Day. Bagaimana sejarah dan bentuk perayaan?

Baca Juga: 1 November 2021 Memperingati Hari Apa? Ini Sejarah Hari Vegan Sedunia dan Cara Mulai Pola Hidup Sehat

Hari Arwah atau Hari Semua Jiwa memiliki tujuan untuk mengingat manusia yang telah meninggal dunia. Tradisi dilakukan oleh penganut agama Katolik Roma dan Kristiani.

Para umat agama tersebut memiliki keyakinan bahwa orang yang dibaptis dan telah meninggal dunia berada di api penyucian, Ini menandakan mereka pergi dengan kesalahan dosa di mana lebih kecil dari pada jiwanya sendiri.

Disadur dari website britannica.com, ajaran Katolik Roma menyatakan bahwa doa-doa orang terkasih di bumi akan membantu jiwa-jiwa yang telah meninggal dunia.

Baca Juga: 29 Oktober 2021 Memperingati Hari Apa? Ini Sejarah Hari Kucing Nasional di Amerika Serikat

Sejak zaman dahulu, penganut agama tertentu memiliki hari-hari khusus untuk melakukan kegiatan keagamaan berkaitan dengan kematian orang lain.

Adapun sejarah penetapan Hari Arwah setiap tanggal 2 November merupakan tepat hari meninggalnya Odilo, kepala biara Cluny pada tahun 1048 (abad ke-11).

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x