Resep dan Cara Membuat Empal Gentong, Makanan Khas Kota Cirebon Dijamin Bakal Ketagihan

- 18 September 2021, 18:40 WIB
Ilustrasi Empal Gentong. Ini resep dan cara membuat Empal Gentong, hidangan makanan khas kota Cirebon.
Ilustrasi Empal Gentong. Ini resep dan cara membuat Empal Gentong, hidangan makanan khas kota Cirebon. /Tangkap Layar Instagram.com/@cirebonpunya/Tangkap Layar Instagram/@cirebonpunya

BERITA DIY – Berikut resep dan cara membuat Empal Gentong, hidangan makanan khas kota Cirebon dijamin bakalan ketagihan.

Siapa yang tidak tahu makanan satu ini, biasanya di acara pernikahan atau acara besar kadang ada menu tersebut yaitu Empal Gentong.

Empal Gentong merupakan makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Dari segi tampilannya, masakan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (periuk tanah liat).

Baca Juga: Resep Croissant Anti Bantat, Pastry Lembut Berlapis Khas Prancis yang Rasanya Manis

Biasanya aging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Kuah dari masakan ini merupakan perpaduan dari santan bumbu kuning yang khas.

Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, Hidangan ini disajikan menggunakan kucai(Allium tuberosum) dan sambal berupa cabai kering giling.

Empal Gentong dapat disajikan dengan nasi atau juga lontong. Lontong menurut orang Cirebon hanyalah beras yang dimasukan kedalam daun pisang yang sudah dibentuk silinder, tidak ada campuran lainnya, kemudian direbus selama 4 jam.

Baca Juga: Resep Waffle Fluffy, Garing di Luar Lembut di Dalam ala Chef Devina Hermawan Cocok Jadi Kudapan Ringan

Berikut ini resep dan cara membuat hidangan makanan Empal Gentong:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X