Resep dan Cara Membuat Sayur Asam Khas Jakarta, Hidangan yang Mempunyai Citarasa Asam dan Pedas

- 9 September 2021, 20:23 WIB
ILUSTRASI - Sayur asem khas Jakarta.  Ini resep dan cara membuat Sayur Asam khas dari Jakarta, hidangan yang mempunyai citarasa asam dan pedas.
ILUSTRASI - Sayur asem khas Jakarta. Ini resep dan cara membuat Sayur Asam khas dari Jakarta, hidangan yang mempunyai citarasa asam dan pedas. /Tangkap layar YouTube.com/Masakdong with Mamabrins

BERITA DIY – Berikut resep dan cara membuat Sayur Asam khas dari Jakarta, hidangan yang mempunyai citarasa asam dan pedas.

Sayur Asem merupakan  masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin.

Sayur Asam khas Jakarta ini berbeda dengan Sayur Asem yang ada pada umumnya. Sayur Asam khas jakarta ini memiliki citarasa asam dan pedas sedangkan kalo di Jawa Tengah atau di Yogyakarta, Sayur Asam bercitarasa asam, manis dan gurih.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Pancake Rasa Susu yang Lembut dan Dibuat Menggunakan Teflon

Cara menikmati sayur asam juga berbeda-beda. Kalau di Jawa Barat dan Betawi, orang biasanya menikmati Sayur Asam di mangkuk. Terpisah dengan nasi. Tapi di Jawa Timur, lebih suka mencampur Sayur Asam, nasi dan lauk-pauk.

Sayur Asam memiliki filosofi menggambarkan keragaman. Ini terlihat dari isi sayuran yang beraneka ragam.

Ada kacang panjang, jagung manis, labu, kacang tanah, melinjo, terung, nangka, jagung manis, daun melinjo. Meski sayuran yang dipakai banyak, tetapi bisa memberikan rasa yang menyatu.

Baca Juga: Resep dan Cara membuat Ayam Lodho, Hidangan Khas Tulungagung yang Bikin Nagih

Berikut ini resep dan cara membuat Sayur Asam khas dari Jakarta:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x