Resep dan Cara Membuat Sayur Lodeh, Hidangan Berkuah Santan Khas Indonesia

- 25 Agustus 2021, 19:40 WIB
ILUSTRASI - Sayur Lodeh. Berikut resep dan cara membuat Sayur Lodeh yang merupakan salah satu hidangan berkuah santan khas Indonesia.
ILUSTRASI - Sayur Lodeh. Berikut resep dan cara membuat Sayur Lodeh yang merupakan salah satu hidangan berkuah santan khas Indonesia. /Tangkap layar YouTube.com/Simple Rudy TV

BERIT DIY – Berikut resep dan cara membuat Sayur Lodeh yang merupakan salah satu hidangan berkuah santan khas Indonesia.

Sayur Lodeh sangat identik dengan makanan khas Indonesia terutama  di daerah Jawa Tengah. Hidangan berkuah santan ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

Isi dari hidangan Sayur Lodeh ini bermacam-macam, tapi biasanya menggunakan labu jipang, kacang panjang, terung, petai, tempe, cabai, jagung kecil dan santan.

Baca Juga: Cara Membuat Cilok, Lengkap dengan Resep Pelengkap Saus Kacang, Kenyal dan Kaya Rasa

Menurut sejarahnya, Sayur Lodeh ini diyakini telah ada pada masa peradaban Jawa Tengah sejak abad ke-10. Dulunya, Sayur Lodeh membantu melewati masa-masa sulit selama letusan dahsyat Gunung Merapi pada 1006.

Menurut Fadly Rahman yang merupakan Sejarawan Kuliner telah memperkirakan tradisi memasak Lodeh ini sudah dilakukan sejak pada abat ke-16, lebih tepatnya setelah bangsa Spanyol dan Protugis memperkenalkan kacang panjang ke Jawa.

Pada tahun 1931 saat masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono VIII telah terjadi wabah pes selama lebih dari dua dekade di Jawa.

Baca Juga: Resep Membuat Cireng Renyah dan Kenyal Anti Gagal, Olahan Tepung Tapioka Khas Bandung

Sultan Hamengkubuwono VIII memperintahkan kepada warganya untuk memasak sayur lodeh dan berdiam diri di rumah selama 49 hari.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x