Tradisi Bubur Asyura di Berbagai Daerah, Lengkap dengan Resep dan Cara Membuatnya

- 20 Agustus 2021, 13:05 WIB
ILUSTRASI - Tradisi serta resep dan cara membuat bubur Asyura 10 Muharram.
ILUSTRASI - Tradisi serta resep dan cara membuat bubur Asyura 10 Muharram. /Tangkap layar: YouTube.com/Domo Bramantyo

BERITA DIY - Ketahui berbagai tradisi bubur Asyura di berbagai daerah lengkap beserta resep dan cara membuat makanan khas untuk menyambut 10 Muharram itu.

Masyarakat Indonesia telah lama memiliki tradisi membuat bubur Asyura untuk menyambut hari Asyura atau 10 Muharram pada penanggalan Hijriyah. Berbagai daerah diketahui masih melaksanakan tradisi ini.

Berikut sejumlah daerah yang masih melaksanakan tradisi membuat bubur Asyura untuk menyambut 10 Muharram serta resep dan cara membuat makanan ini dengan mudah dan praktis.

Baca Juga: Resep Bubur Ayam Asyura yang Biasa Dimakan di Hari 10 Muharram Dijamin Enak

Salah satu daerah yang menjalankan tradisi bubur Asyura ini adalah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Tradisi tersebut telah dilakukan secara turun temurun dan sudah cukup lama dilaksanakan oleh masyarakat.

Bagi masyarakat Banjarmasin tradisi bubur Asyura ini dilakukan selain untuk menyambut 10 Muharram juga untuk memperingati hari terjadinya perang Badar yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Tradisi membuat bubur Asyura ini dilaksanakan bersama-sama oleh masyarakat dan kemudian bubur tersebut dibagikan kepada warga sekitar. Hal ini dilakukan untuk memberikan santapan berbuka bagi masyarakt yang menjalankan puasa sunnah Asyura.

Baca Juga: Resep dan Cara Masak Bubur Suro Asal Jawa Timur, Kuliner Khas Tahun Baru Islam

Selain dilakukan oleh masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan tradisi membuat bubur Asyura juga dilakukan oleh masyarakat Kudus, Jawa Tengah.

Pembuatan atau pelaksanaan tradisi bubur Asyura ini dilakukan berpusat di Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah. Tradisi inipun juga telah dilaksanakan cukup lama secara turun temurun.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x