Resep dan Cara Masak Bubur Suro Asal Jawa Timur, Kuliner Khas Tahun Baru Islam

- 12 Agustus 2021, 13:40 WIB
Bahan praktis dan cara masak mudah bubur Suro khas Jawa Timur yang kerap disajikan pada Tahun Baru Islam.
Bahan praktis dan cara masak mudah bubur Suro khas Jawa Timur yang kerap disajikan pada Tahun Baru Islam. /Tangkapan layar: YouTube.com/Domo Bramantyo

BERITA DIY - Simak resep dan cara masak bubur Suro asal Jawa Timur yang merupakan kuliner khas menyambut tahun baru Islam kalender Hijriyah. 

Sesuai namanya, bubur Suro diidentikan dengan perayaan 1 Suro yang dikenal oleh masyarakat Jawa atau Tahun Baru Islam 1 Muharram pada penanggalan lunar.

Beberapa masyarakat di Indonesia memiliki tradisi tersendiri untuk merayakan Tahun Baru Islam, di antaranya dalam bentuk Kuliner yakni bubur Suro yang kerap dimasak oleh orang Jawa Timur.

Baca Juga: Resep Puding Lumut Telur untuk Camilan Balita: Bergizi, Kaya Serat, dan Mudah Dibuat

Sebagai informasi, Tahun Baru Islam 1443 H telah jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021 lalu. Sehingga, saat ini telah masuk bulan Muharram atau Suro.

Adapun bahan bubur Suro ini sangat mudah dan banyak ditemukan di pasaran. Tak hanya itu, cara memasaknya pun tak membutuhkan waktu yang lama.

Dilansir dari kanal YouTube Domo Bramantyo dengan judul "Cara Mudah Membuat Bubur Suro Makanan Khas Tahun Baru Islam", bubur ini dibuat dari beras dan beberapa rempah untuk menghasilkan rasa yang gurih.

Baca Juga: 6 Resep Minuman Untuk Menambah Imunitas, Mudah Dibuat di Rumah dari Bahan-bahan Sekitar

Maka, berikut ini daftar bahan dan panduan cara masak bubur Suro khas Jawa Timur dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam.

Daftar bahan atau resep

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim

Sumber: YouTube/Domo Bramantyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x