Cara Membuat Cilok, Lengkap dengan Resep Pelengkap Saus Kacang, Kenyal dan Kaya Rasa

- 23 Agustus 2021, 16:50 WIB
Ilustrasi Cilok kenyal dengan pelengkap saus kacang agar lebih kaya rasa.
Ilustrasi Cilok kenyal dengan pelengkap saus kacang agar lebih kaya rasa. /Tangkap layar YouTube/Uli's Kitchen

BERITA DIY - Cilok atau aci dicolok (ditusuk) merupakan camilan khas Jawa Barat yang terbuat dari bahan utama tepung aci atau tapioka. Cilok biasanya dihidangkan dengan pelengkap seperti sambal atau saus kacang.

Cilok sendiri memiliki bentuk bulat mirip seperti bakso, namun bertekstur kenyal karena berbahan dasar tepung tapioka. Untuk lebih memperkaya rasa, Cilok juga dapat diberi isian daging, telur, atau abon sesuai selera.

Penambahan pelengkap seperti saus atau sambal bisa mengikuti selera. Pembaca juga dapat memakan Cilok secara langsung tanpa pelengkap lainnya.

Baca Juga: Resep Membuat Cireng Renyah dan Kenyal Anti Gagal, Olahan Tepung Tapioka Khas Bandung

Meski demikian, perbandingan adonan harus tepat agar tekstur Cilok yang didapatkan pas, tidak terlalu lembek dan terlalu keras. Berbahan dasar tepung tapioka, membuat Cilok perlu ditambah dengan tepung terigu.

Terlalu banyak menambahkan tepung terigu dapat membuat tekstur Cilok menjadi keras. Namun, jika tidak ditambah dengan tepung terigu, Cilok akan menjadi terlalu lembek.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan tekstur yang pas, perlu mencampurkan perbandingan tepung terigu dan tepung tapioka dengan tepat. Simak cara membuat Cilok dalam artikel ini untuk mendapatkan tekstur Cilok yang kenyal dan anti gagal.

Sebelumnya, pembaca dapat menggunakan perbandingan tepung terigu dan tepung tapioka dengan hitungan 1:5. Pembaca dapat mengguanakn 50 gram tepung terigu dan 250 gram tepung tapioka.

Baca Juga: Resep Spaghetti Brulee Panggang yang Viral di Medsos, Bisa Jadi Menu Masakan Rumah

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x