Makna Surat Al Kahfi Ayat 9-26: Kisah Sekelompok Pemuda yang Tidur Di Gua Selama 309 Tahun

- 31 Agustus 2021, 15:31 WIB
ILUSTRASI - Simak kisah sekelompok pemuda yang tidur di goa selama 309 tahun yang tercantum dalam surat Al Kahfi ayat 9-26 lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Bahasa Indonesia.
ILUSTRASI - Simak kisah sekelompok pemuda yang tidur di goa selama 309 tahun yang tercantum dalam surat Al Kahfi ayat 9-26 lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Bahasa Indonesia. /PEXELS/darren-lawrence-848896

BERITA DIY - Simak makna atau arti Surat Al Kahfi ayat 9-26 yang menceritakan kisah nyata sekelompok pemuda yang tidur di gua selama 309 tahun lamanya atas kuasa Allah SWT.

Surat Al Kahfi, yang berarti "Gua" merupakan surat ke-18 dalam kita suci Al-Quran dan termasuk dalam golongan surat Makiyyah

Terlebih, surat Al Kahfi memiliki jumlah 110 ayat terdiri dari beberapa pokok-pokok dalam surat yang tertuang dalam bagian-bagian ayat tertentu.

Baca Juga: Inilah Bacaan Doa Niat, Syarat, dan Tata Cara Tayamum Supaya Wudhu Tanpa Air Tetap Sah

Salah satu kisah yang tertuang dalam surat Al Kahfi adalah tentang beberapa orang pemuda yang tidur di gua selama tiga abad lebih lamanya. 

Kisah ini terkenal dengan sebutan "Ashabul Kahfi" tercantum dalam Al-Quran surat Al Kahfi ayat 9-26.

Ashabul Kahfi terjadi sebelum zaman Nabi Muhammad SAW. Diceritakan tujuh orang pemuda (ada yang menyebut delapan) dan seekor anjingnya mengungsi ke sebuah gua untuk menghindari Raja Dikyanus.

Baca Juga: Adab dan Doa Ziarah Kubur Lengkap dalam Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Tujuan utama mereka tak lain adalah untuk mempertahankan keimanan kepada Allah SWT dari kekejaman sang raja yang sadis.

Raja Dikyanus diperkirakan bertahta pada 112 Masehi dan tak segan menghabisi nyawa orang-orang yang tak ingin mengikutinya dalam menyembah berhala.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x