Doa yang Tepat untuk Pengantin Baru Menurut Rasulullah SAW

- 2 Agustus 2021, 13:58 WIB
ILUSTRASI - Rasulullah SAW diriwayatkan pernah mengucapkan doa kepada pengantin yang baru saja menikah.
ILUSTRASI - Rasulullah SAW diriwayatkan pernah mengucapkan doa kepada pengantin yang baru saja menikah. /UNSPLASH/marcishere

BERITA DIY - Pernikahan merupakan sunnah Rasulullah SAW dalam agama Islam. Ada baiknya kita mendoakan pasangan pengantin yang baru saja menikah sesuai dengan doa yang disampaikan oleh Rasulullah SAW.

Kita seringkali mengucapkan "Semoga Samawa, ya!" yang merupakan kepanjangan dari Sakinnah Mawaddah Warrahmah kepada pasangan pengantin baru. Tentu saja, ucapan ini adalah doa yang baik, namun Rasulullah SAW juga mendoakan kepada insan yang baru saja mengucapkan janji suci.

Jika kamu tak hanya ingin mengucapkan Samawa kepada saudara atau teman yang baru saja menikah, maka simak tulisan ini. Berikut ini adalah doa untuk pengantin baru yang pernah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Bacaan Doa Mustajab Setelah Sholat Tahajud Latin Arab Indonesia Beserta Tata Cara

Abu Hurairah RA menceritakan bahwa Rasulullah SAW mendoakan kebaikan kepada pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan.

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ، وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Baarakallahu laka wabarakoa 'alaika wajma'a bainakumaa fii khoir.

Artinya: "Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepadamu dan keberkahan atas pernikahanmu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan," (Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzy, An-Nasa`iy, dan Ibnu Majah).

Baca Juga: Bacaan Doa Ketika Alami Mimpi Buruk Sesuai Amalan Rasulullah SAW, Agar Tidur Lebih Nyenyak

Tak hanya mendoakan pengantin baru, Rasulullah SAW juga pernah bersabda tentang menghadiri pernikahan seseorang yang merupakan hak setiap Muslim. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x