Bacaan Takbiratul Ihram dan Doa Iftitah dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia

- 21 Juli 2021, 19:30 WIB
Ilustrasi - Umat Islam diwajibkan membaca Takbiratul Ihram dan disunahkan membaca doa Iftitah ketika salat.
Ilustrasi - Umat Islam diwajibkan membaca Takbiratul Ihram dan disunahkan membaca doa Iftitah ketika salat. /UNSPLASH/masjidmpd

BERITA DIY - Simak bacaan Takbiratul Ihram dan doa Iftitah dalam Bahasa Arab, Latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia di tulisan ini. 

Seperti yang diketahui, ketika umat Islam salat diawali dengan membaca niat dan dilanjurkan dengan Takbiratul Ihram, yang merupakan takbir pertama sebagai pembuka salat.

Takbiratul Ihram adalah salah satu tukun salat, yang artinya wajib dilakukan. Sehingga, apabila kita tidak mengucapkan atau terlewat, maka salat yang kita kerjakan tidak dihitung sah.

Baca Juga: Bacaan Doa Ratibul Al Haddad dalam Bahasa Arab dan Tulisan Latin Beserta Keutamaannya

Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda: 

"Kunci salat adalah bersuci, memulainya dengan takbir, dan mengakhirinya dengan salam." (HR. Abu Daud 61, Turmudzi 3, & disahihkan al-Albani)

Selanjutnya, Muslim disunahkan untuk melafadzkan bacaan Iftitah sebelum Al-Fatihah yang hukumnya wajib. 

Kendati demikian, berdasarkan mahzab Hanafiyyah, jika kita salat berjamaah dan imam sudah memulai membaca surat baik suara pelan maupun keras, maka jamaah tidak diperkenankan membaca iftitah.

Baca Juga: Bacaan Ayat Kursi Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia, Beserta Keutamaan

Sementara itu, mahzab Syafi'iyyah berpendapat bahwa membaca doa iftitah adalah sunah dalam salat fardhu dan nafila. Doa iftitah juga tidak perlu dibaca lagi jika sudah terlanjur dimulai dengan Al-Fatihah.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x