Keutamaan dan Pahala Tadarus Al-Qur'an di Bulan Ramadhan

- 6 April 2022, 19:02 WIB
 Di bulan Ramadhan, salah satu amalan ibadah yang kerap dilakukan oleh umat Islam ialah Tadarus Al-Quran. Simak keutamaan dan pahalanya.
Di bulan Ramadhan, salah satu amalan ibadah yang kerap dilakukan oleh umat Islam ialah Tadarus Al-Quran. Simak keutamaan dan pahalanya. /PIXABAY/Pexels

BERITA DIY - Di bulan Ramadhan, salah satu amalan ibadah yang kerap dilakukan oleh umat Islam ialah Tadarus Al-Qur'an. Simak keutamaan dan pahala tadarus di bulan Ramadhan.

Bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah. Selain karena umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh, amalan ibadah yang dilakukan di dalamnya juga akan dilipatgandakan.

Salah satu yang paling direkomendasikan ialah memperbanyak membaca Al-Qur'an atau tadarus, baik secara berjamaah di masjid maupun sendirian di rumah.

Baca Juga: Keutamaan Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan 2022: Hukum serta Tata Cara Pelaksanaan 8 Rakaat dan 20 Rakaat

Amalan membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan ditambah dengan kedudukan bulan Ramadhan sebagai Syahrul Qur'an atau bulan Al-Qur'an.

Hal itu karena di bulan Ramadhan, Al-Qur'an diturunkan kepada umat manusia melalui perantara Nabi Muhammad SAW. Allah SWT menyebutkannya secara langsung di dalam firman-Nya:

Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)..." (QS. Al Baqarah [2];185)

Baca Juga: Doa Buka Puasa Ramadhan 2022 Lengkap Dengan Amalan Sunahnya: Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Memperbanyak membaca Al-Qur'an juga termasuk dalam bentuk zikir yang paling muakkad. Hal itu lantaran dengan membaca Al-Qur'an, kita akan diajak selalu mengingat Allah SWT.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x