Keutamaan Sholat Tarawih di Bulan Ramadhan 2022: Hukum serta Tata Cara Pelaksanaan 8 Rakaat dan 20 Rakaat

- 6 April 2022, 18:05 WIB
 Sholat tarawih hukumnya ialah sunnah muakkad, yaitu sangat dianjurkan untuk dikerjakan, baik bagi kaum laki-laki atau pun perempuan.
Sholat tarawih hukumnya ialah sunnah muakkad, yaitu sangat dianjurkan untuk dikerjakan, baik bagi kaum laki-laki atau pun perempuan. /Pixabay/chidioc

BERITA DIY - Berikut merupakan keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadhan 2022 lengkap dengan hukum serta tata cara pelaksanaan 8 rakaat dan 20 rakaat.

Selain menunaikan ibadah puasa, salah satu yang spesial di bulan Ramadhan adalah sholat tarawih. Sholat tarawih merupakan sholat yang khusus dikerjakan pada malam bulan Ramadhan setelah melaksanakan sholat Isya’ dan sebelum sholat witir.

Sholat tarawih hukumnya adalah sunnah muakkad, yaitu sangat dianjurkan untuk dikerjakan, baik bagi kaum laki-laki atau pun perempuan. Hal itu berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW:

Baca Juga: Teks Ceramah Singkat Ramadhan Tentang 5 Kunci Sukses Ramadhan untuk Kultum Tarawih dan Berbuka

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُرَغِّبُ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيهِ بِعَزِيمَةٍ فَيَقُولُ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Dari Abi Hurairah radliyallahu 'anh Rasulullah gemar menghidupkan bulan Ramadhan dengan anjuran yang tidak keras. Beliau berkata: ‘Barangsiapa yang melakukan ibadah (shalat tarawih) di bulan Ramadhan hanya karena iman dan mengharapkan ridha dari Allah, maka baginya di ampuni dosa-dosanya yang telah lewat” (HR Muslim).

Meskipun hukumnya sunnah, sholat tarawih memiliki keutamaan-keutamaan yang bisa kita dapatkan salah satunya adalah mendapat ampunan dosa sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam:

Baca Juga: Teks Ceramah Singkat Kultum untuk Tarawih Ramadhan 2022: Allah Bersama Dengan Orang-Orang Yang Sabar

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x